Bapedalitbang tulang bawang melaksanakan sosialisasi pamsimas di kampung banjar dewa

Sosialisasi program Pamsimas yang dilakukan oleh Bapedalitbang Tulang Bawang di Kampung Banjar Dewa.</p

Banjar Dewa(04/10/2019): Bapedalitbang Kabupaten Tulang Bawang melaksanakan sosialisasi Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ( Pamsimas ) pada hari jumat 04 Oktober 2019 di Balai Kampung Banjar Dewa. Program ini bertujuan untuk mendapatkan tambahan penduduk yang dapat mengakses sarana air minum dan sanitasi yang aman, layak dan berkelanjutan serta meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat. Sosialisasi ini diharapkan dapat mendorong partisipasi dan keikutsertaan Kampung untuk mengikuti program Pamsimas yang merupakan program nasional.

Dalam Pemaparannya Tim Pasimas Bapedalitbang Bapak Budi menjelaskan Program ini bertujuan untuk mendapatkan tambahan penduduk yang dapat mengakses sarana air minum dan sanitasi yang aman, layak dan berkelanjutan, serta meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat. Pada Program Pamsimas ini terdapat 3 (tiga) opsi kegiatan pembangunan dan pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) pada Kampung sasaran Pamsimas. Ketiga opsi itu adalah Pembangunan baru,Perluasan dan Peningkatan yang menjadi fokus utama dalam pelaksanaan pamsimas kedepan.

Sosialisasi program Pamsimas yang dilakukan oleh Bapedalitbang Tulang Bawang di Kampung Banjar Dewa.

Pembangunan baru karena belum ada SPAM eksisting sama sekali sehingga sistem yang ada tidak berfungsi total dari produksi sampai dengan distribusinya. Kegiatan pengembangan pada unit distribusi SPAM pada Desa yang telah memiliki SPAM dengan tingkat keberfungsian yang baik untuk menambah cakupan dan jumlah penerima manfaat. Peningkatan yaitu pemulihan dan pengembangan kinerja SPAM termasuk penggantian sebagian komponen atau perbaikan komponen utama dengan tujuan meningkatkan kinerja SPAM serta penambahan jumlah layanan dari jumlah layanan semula.

Saya harapkan pada program Pamsimas ini Kampung lainnya yang belum mengikuti program ini bisa segera mengusulkan kepada pihak pengelola Pamsimas. Sosialisasi ini diharapkan dapat mendorong partisipasi dan keikutsertaan Kampung untuk mengikuti program Pamsimas ini. Saya juga berharap Kampung Banjar tahun depan mendapatkan program pamsimas agar warga dapat mendapatkan manfaat dari program pemerintah ini. Sehingga kedepan semua warga Banjar Dewa terbebas dari pola hidup yang tidak sehat, jelas Budi.

Sosialisasi program Pamsimas yang dilakukan oleh Bapedalitbang Tulang Bawang di Kampung Banjar Dewa.</p

Semoga melalui sosialisasi Program Pamsimas dengan pendekatan berbasis masyarakat, mampu menghasilkan infrastruktur air minum dan sanitasi berskala kecil dengan biaya relatif. Lingkungan sehat dengan penyedian air bersih maka masyarakat pun menjadi sehat.

(badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan