Sosilaisasi pencegahan stunting dalam rangka meningkatkan kesehatan seluruh rakyat indonesia

Sosialisasi pencegahan stunting kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan pertumbuhan kesehatan untuk masyarakat.

Banjar Dewa(30/09/2019): Pendamping Desa Kecamatan Banjar Agung melakukan sosialisasi pencegahan stunting di Kampung Banjar Dewa senin tanggal 30 September 2019. Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pencegahan stunting dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat. Stunting itu adalah kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis dan stimulasi psikososial serta pemaparan infeksi yang berulang-ulang. Sosilisasi stunting ini dihadiri oleh Kepala Kampung,Ketua BPK,Pedamping Desa, Kader Posyandu, RK,RT dan Masyarakat.

Dalam sambutannya Kepala Kampung Banjar Dewa Asri Susilowati mengucapkan terima kasih dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi pencegahan stunting bagi warga kampung Banjar Dewa. Asri juga berpesan kepada seluruh yang hadir dalam sosilaisasi itu untuk bersama-sama melakukan pencegahan stunting di wilayah kerjanya. saya berpesan kepda rk,rt dan kader posyandu untuk selalu memperhatikan pertumbuhan kesehatan warga di sekitar lingkungan masing-masing. Mari kita tingkatkan kesehatan masyarakat di Kampung kita agar masyarakat kita terhindar dari stunting,ungkap Asri.

Sosialisasi pencegahan stunting kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan pertumbuhan kesehatan untuk masyarakat.

Di kesempatan lain Pedamping Desa Sariyanto menjelaskan bahwa stunting merupakan isu nasional yang harus dilakukan penanganan secara serius oleh Pemerintah. Stunting adalah isu nasional maka dari itu kita sebagai warga masyarakat di negeri ini agar membantu pencegahan stunting tersebut. Bagaimana cara pencegahan stunting tersebut dapat kita lakukan dengan memperhatikan pertumbuhan warga di sekitar kita. Jika terdapat gejala-gejala stunting salah satu warga kita laporkan kepada bidan desa untuk mendapat tindakan selanjutnya.

Selain itu Sariyanto juga menjelaskan bahwa untuk pencegahan stunting diatur dalam permendes nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020. Data stunting Kampung akan digunakan untuk salah satu syarat dalam pencairan Dana Desa tahap ketiga tahun anggaran 2020. Rembuk stunting Kampung sangat diperlukan untuk mengetahui kebutuhan apa yang akan diusulkan dalam penganggaran Kampung untuk pencegahan stunting tahun 2020. Jika dipandang perlu Kampung dapat menganggarkan pelatihan untuk Kader Pembangunan Manusia yang ada di Kampung.

Sosialisasi pencegahan stunting kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan pertumbuhan kesehatan untuk masyarakat.

Pencegahan setunting adalah wujudnya nyata pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan kesehatan untuk masyarakat. Semoga dengan adanya sosialisasi ini masyarakat mengerti dengan pencegahan stunting.

(badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan