Satu rumah warga kampung banjar dewa terbakar diduga api berasal dari tungku api

Peristiwa kebakaran salah satu warga Kampung Banjar Dewa pada Jumat malam 12 September 2019.

Banjar Dewa(13/09/2019):Peristiwa kebakaran rumah terjadi di Kampung Banjar Dewa RK 01 RT 01 Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang terjadi pada Jumat (13/09/2019) sekitar pukul 22.00 WIB. Kebakaran yang menghanguskan 1 unit rumah milik warga kuat dugaan kebakaran terjadi akibat tungku api yang masih hidup. Api pertama kali dilihat oleh pemilik rumah yang pada saat itu masih ada tamu dirumahnya yang berasal dari dapur. Kekaran ini sontak membuat para tetangga berhamburan keluar untuk memadamkan kobakaran api yang cukup besar.

Menurut keterangan Kepala Kampung yang berada ditempat kejadian mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 22.00 WIB. Saya mendapatkan informasi adanya kebakaran rumah dari informasi via telpon salah satu tetangga yang berada didekat rumah yang terbakar. Api yang begitu besar susah untuk dipadamkan karena musim kemarau dan rumah terbuat dari dinding berbahan kayu dan atap asbes. Kami terkendala dengan sulitnya mencari air untuk memadamkan api karena musim kemarau yang terjadi.

Peristiwa kebakaran salah satu warga Kampung Banjar Dewa pada Jumat malam 12 September 2019.

Kami tetap bersusaha untuk memadamkan api yang dengan cepat membakar rumah dengan alat seadanya agar tidak merembaet ke rumah yang ada didekatnya. Kami sudah meminta bantuan pemadam kebakaran untuk membantu memadamkan api yang menghabiskan rumah tersebut. Api baru dapat dipadam 30 menit kemudian setelah warga dibantu dengan petugas pemadam kebakaran. Rumah yang terbakar merupakan rumah milik Bapak gendon ukurannya juga cukup kecil yang sehari-hari digunakan untuk memasak dan beristirahat, Ungkap Kepala Kampung.

Menurut keterangan pemilik rumah Bapak Gendon menjelaskan kronologis terjadinya kebakaran karena api ditungku belum mati seluruhnya. Tungku api tersebut sebelumnya digunakan oleh istrinya Ibu Sumi untuk memasak pada sore harinya. Malam kejadian Bapak Gendon menerima tamu yang biasa bertamu kerumahnya untuk berbincang-bincang. Namun tiba-tiba api terlihat dari dapur sudah begitu besar karena di dekat dapur ada tumpukan kayu bekas bangunan rumah yang sudah lama. Mungkin tumpukan kayu yang sudah kering dan lapuk membuat api begitu dengan cepat membakar rumah kami, jelas Gendon.

Peristiwa kebakaran salah satu warga Kampung Banjar Dewa pada Jumat malam 12 September 2019.

Semoga kejadian ini menjadi teladan agar dimusim kemarau ini harus selalu berhati-hati setelah selasai memask dengan tungku api. Pastikan api dalam tungku mati seluruhnya sebelum ditinggalkan istirahat.

(putu/badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan