Pembukaan akses jalan pertanian yang sudah lama tidak digunakan di kampung banjar dewa

Proses pembukaan dan pelebaran badan jalan pertanian yang sudah lama tidak dimanfaat kan oleh warga di kampung Banjar Dewa

Banjar Dewa,19/08/2019: Jalan pertanian yang sudah lama tidak digunakan dibuka kembali oleh para pemerintah kampung Banjar Dewa. Pembukaan akses jalan pertanian untuk meningkatkan dan memperlancar pengeluaran hasil pertanian para petani di kampung Banjar Dewa. Jalan pertanian sepanjang 600 meter ini merupakan jalan penghubung antara lahan pertanian Banjar Dewa dengan lahan pertanian Panca Mulia tepatnya di pinggir sungai way tello. Pembukaan jalan pertanian ini sudah melalui musyawarah antara pemerintah Kampung dengan warga pemilik lahan atau kebun.

Alat berat excavator yang diturunkan merupakan bantuan dari PT SAM. Penggunaan alat berat excavator karena banyak pohon karet warga dan pepohon besar yang menutupi badan jalan. Para warga dengan suka rela pohon karetnya di robohkan agar badan jalan lebih lebar. Warga yang terkena dampak pelebaran sangat senang adanya pengerjaan pembukaan kembali jalan tersebut.

Proses pembukaan dan pelebaran badan jalan pertanian yang sudah lama tidak dimanfaat kan oleh warga di kampung Banjar Dewa

Menurut keterangan koordinator lapangan pembukaan jalan Made Supartawan bahwa dulunya jalan ini merupakan akses jalan yang baik. Namun seiringnya waktu lahan pertanian yang dulunya singkong berubah menjadi perkebunan karet maka jalan ini jarang digunakan. Karena jarang digunakan dan pohon karet warga yang banyak ditanam di batas peladangan sehingga menutupi badan jalan. Jalan ini memang sedikit berawa sehingga di musim hujan susah untuk dilewati dalam mengeluarkan hasil panen para petani,ujar Made.

Kepala Kampung Banjar Dewa melalui kaur Perencanaan dan Kesejahteraan sebelum menurunkan alat berat untuk pembukaan jalan sudah melakukan pendekatan dengan para warga yang kebun karet dan singkongnya terkena pelebaran. Respon warga yang terdampak pelebaran sangat mendukung dengan dibukanya kembali akses jalan tersebut. Pembukaan kembali jalan ini sangat membantu warga yang tanahnya ada di jalur akses jalan tersebut. Pemerintah kampung sangat berterima kasih kepada pihak PT SAM dengan adanya bantuan alat berat eksavator ini pembukaan jalan yang sudah lama mati bisa berjalan dengan baik.

Proses pembukaan dan pelebaran badan jalan pertanian yang sudah lama tidak dimanfaat kan oleh warga di kampung Banjar Dewa

Kedepan harapan dari pemerintah Kampung agar jalan yang menjadi akses pertanian dijaga dan dirawat dengan baik. Dengan dibuka jalan akan memperlancar dalam mengeluarkan hasil pertanian.

(badew/putu)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan