Arak-arakan kendaraan mewarnai malam takbiran di kampung banjar dewa

Arak-arakan malam takbir menyambut idul fitri 1 syawal 1440 Hijriah.

Banjar Dewa(05/06/2019): Takbiran merupakan sebuah tradisi umat islam dalam menyambut datangnya hari raya idul fitri 1 syawal. Takbiran biasanya dilaksanakan pada malam hari setelah hari terakhir bulan ramadhan. Sebagai rasa senang dan gembira banyak umat islam melakukan malam takbir baik secara berkeliling kampung maupun takbir di masjid maupun mushola. Di kampung banjar dewa malam takbiran dilaksanakan berkeliling dari masjid Al Hidayah sampai di lapangan sepak bola banjar dewa dan kembali lagi ke masjid Al Hidayah.

Arak-arakan mobil yang dihiasi dengan miniatur masjid diikuti motor dari belakang menambah kemeriahan malam takbir. Setiap mobil yang dihiasi miniatur masjid sambil mengumandangkan takbir menambah kemeriahan dan keramaian di jalan lintas timur banjar dewa. Arak-arakan kendaraan takbir mendapat pengawalan dari Bhabinkamtimmas polsek banjar agung. Banyak pemudik yang lewat melihat arak-arakan takbir karena unik dan daya tarik dari miniatur masjid diatas mobil yang lewat.

Arak-arakan malam takbir menyambut idul fitri 1 syawal 1440 Hijriah.

Menurut keterangan dari M.Barakah selalku salah satu panitia arak-arakan mengatakan rute di mulai dari masjid Al hidayah ke lapangan dan kembali lagi ke masjid Al Hidayah. Pada awalnya rute arak-arakan rencananya akan mengeliling kampung melihat kabel listrik yang pendek jadi tidak jadi melewati jalan pemukiman. Miniatur masjid yang dibuat diatas mobil banyak yang tinggi diperkiarakan mengenai kabel listrik maka arak-arakan melalui jalan lintas.

Arak-arakan yang melewati jalan lintas sudah mendapat izin dari bhabinkamtimmas polsek banjar agung. Banyaknya kendaraan roda dua membuat jalan lintas timur begitu sangat padat dan suara bising dari motor. Meskipun banyaknya kendaraan tidak membuat kenyamanan pemudik terganggu karena arak-arakan takbir sangat tertib dan teratur sesuai arahan dari bhabinkamtimmas. Arak-arakan takbir berakhir pada pukul 23.00 WIB sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak panitia.

Arak-arakan malam takbir menyambut idul fitri 1 syawal 1440 Hijriah.

Semangat dan kemeriahan takbir diharapkan dapat menjadi momen yang baik dalam menjadi kebersamaan umat islam kampung banjar dewa. Indahnya kedamaian antar umat akan membuat idul fitri lebih indah.

(putu/badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan