Pelatihan sistem keuangan kampung sekecamatan banjar agung

Pelaksanaan pelatihan siskeudes sekecamatan Banjar Agung tahun 2018 di Hotel Le Man.

Banjar Agung(22/11/2018):Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kementrian Dalam Negeri dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan. Aplikasi ini bertujuan agar tata kelola keuangan desa/kampung lebih transparan dan akuntabel. Dalam rangka menunjang program Kementerian Dalam Negeri tersebut, maka Forum Operator Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SiDeKa) Kecamatan Banjar Agung bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Kampung/Kelurahan (DPMKK) menyelenggarakan pelatihan Siskeudes. Tujuan pelatihan ini, adalah aparatur kampung di kecamatan Agung dapat mengelola keuangan kampung yang lebih efiseien dan efektif.

Pelatihan siskeudes diselenggarakan tanggal 22 November 2018 di Hotel Le Man unit 2 kabupaten Tulang Bawang. Peserta pelatihan yaitu sembilan kampung dari sebelas kampung yang ada di Kecamatan Banjar Agung. Peserta pelatihan terdiri dari Sekretaris Kampung, Kepala Urusan Perencanaan dan bendahara masing-masing Kampung. Hadir dalam peltihan siskeudes tahun 2018 ini kepala Dinas DPMKK Drs.Yen Dahren,M.AP, Camat Banjar Agung Sudirman,S.H, Kabid Pemberdayaan kampung beserta staff. Kegiatan Pelatihan Siskeudes tahun 2018 ini, secara resmi dibuka oleh camat Banjar Agung.

Pelaksanaan pelatihan siskeudes sekecamatan Banjar Agung tahun 2018 di Hotel Le Man.

Dalam sambutannya camat Banjar Agung Sudirman,S.H mengajak semua peserta pelatihan agar dengan seksama memperhatikan apa yang akan dipaparkan oleh narasumber. Jadikan pelatihan siskeudes ini, sebagai momentum guna menuju tata kelola keuangan kampung yang lebih baik. Jangan pernah jadikan pelatihan siskeudes ini, sebagai kegiatan untuk menjalani kewajiban anggaran agar terealisasi. Akan tetapi jadikan sebagai ilmu yang berharga, yang nantinya dapat digunakan dalam mengelola keuangan di kampung masing-masing. Camat berharap agar peserta dapat memahami aplikasi siskeudes ini, agar tidak terjadi dalam penggunaannya.

Sesuai dengan slogannya, siskeudes diharapkan menjadi suatu aplikasi yang dapat memperbaiki tata kelola keuangan kampung. Perubahan tentang tata cara pengelolaan keuangan kampung secara manual ke tata kelola dengan aplikasi merupakan hal yang sulit dirasakan oleh para operator kampung. Kesulitan dalam hal cara penginputan data dan pemilahan belanja kegiatan,karena masih terasa baru bagi para operator kampung yang biasanya bekerja secara manual dengan excel. Akan tetapi dengan pelatihan ini, para operator mengetahui kemudahan dan keefisien aplikasi siskeudes yaitu dalam hal pelaporan yang secara otomatis setelah diinput datanya.

Pelaksanaan pelatihan siskeudes sekecamatan Banjar Agung tahun 2018 di Hotel Le Man.

Dengan Pelatihan siskeudes tahun 2018 ini, diharapkan semua kampung di Kecamatan Banjar Agung sudah menggunakan Aplikasi ini pada tahun anggaran 2018. Dengan tujuan menuju tata kelola keuangan kampung yang efisien dan efektif agar laporan keuangan lebih transparan dan akuntabel.

(putu/badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan