Sosialisasi program keluarga berencana dan pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang di kampung banjar dewa

Sosialisasi program Keluarga Berencana dan pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang di Kampung Banjar Dewa.

Banjar Dewa (12/11/2018): Salah satu cara untuk menurunkan jumlah pertumbuhan pendudukan adalah memberikan penjelasan kepada masyarakat melalui kegiatan sosialisasi mengenai program Keluarga Berencana (KB). Guna mendukung keberhasilan program KB, maka diperlukan kegiatan sosialisasi. Pada hakikatnya sosialisasi adalah suatu kegiatan komunikasi, karena prosesnya yang dimulai dari mengetahui, memahami, meminati, dan menerapkannya dalam kehidupan yang nyata. Efektivitas komunikasi dalam kegiatan sosialisasi seperti penyuluhan dilihat dari sejauh mana kegiatan tersebut mampu mengubah sikap pesertanya.

Pada hari ini 12 November 2018 petugas Keluarga Berencana Kecamatan Banjar Agung melakukan sosilisasi program Keluarga Berencana di Kampung Banjar Dewa. Sosialisasi Keluarga Berencana dihadiri oleh bapak Heriyanto,S.Kom petugas KB Kecamatan Banjar Agung, Kepala Kampung Asri Susilowati dan Kader Kesehatan Kampung Banjar Dewa. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk mengetahui hubungan antara informasi program Keluarga Berencana metode kontrasepsi jangka panjang dengan sikap masyarakat untuk ber-KB. Dengan sosialisasi Keluarga Berencana ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menekan pertumbuhan penduduk.

Sosialisasi program Keluarga Berencana dan pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang di Kampung Banjar Dewa.

Heriyanto,S.Kom menjelaskan Program Keluarga Berencana saat ini sangatlah penting untuk menunda kehamilan dan mengurangi angka kelahiran. Dengan mengingat dan memperhitungkan jumlah anak yang dimiliki, dengan seberapa besar perkiraan biaya yang di perlukan untuk anak tersebut. Demi tercapainya upaya pemerintah tentang perkawinan dibawah umur/pernikahan dini dengan menjelaskan maksimal usia wanita boleh menikah 20 tahun. Tujuan untuk menjaga perempuan yang menikah di bawah usia 18 tahun yang berpotensi keguguran, anak dan ibu rentan terhadap penyakit, kualitas anak yang dilahirkan rendah, gizi buruk dan putus Sekolah.

Dalam kegiatan sosialisasi program Keluarga Berencana ini juga dilaksanakan pemasangan alat Kontrasepsi jangka panjang yaitu susuk atau implant. Pemasangan susuk atau implant diberikan secara gratis kepada warga Kampung Banjar Dewa yang berjumlah 20 orang. Tujuan pemasangan kontrasepsi jangka panjang ini agar para ibu-ibu tidak memiliki anak dengan jarak kelahiran yang pendek. Selain itu petugas Keluarga Berencana Kecamatan Banjar Agung juga memberikan buku panduan Bina Keluarga Balita,Bina Keluarga Remaja dan Bina Keluarga Lansia untuk para kader kesehatan yang ada di Kampung Banjar Dewa.

Proses pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang kepada warga oleh tenaga medis dari puskesmas tuba 1.

Dengan adanya sosialisasi program Keluarga Berencana ini diharapkan agar masyarakat memahami arti pentingnya program Keluarga Berencana di dalam kehidupan berumah tangga. Dengan memahami program Keluarga berencana sedikit banyak masyarakat sudah membantu program pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat.

(putu/badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan