Sumur warga banjar dewa mulai mengering akibat kemarau yang panjang

Warga Kampung Banjar Dewa yang mengambil air di sumur bor balai kampung untuk keperluan sehari-hari.

Banjar Dewa(11/10/2018): Kemarau adalah keadaan kekurangan pasokan air pada suatu daerah dalam masa yang lama. Biasanya kejadian ini muncul bila suatu wilayah secara terus-menerus mengalami curah hujan di bawah rata-rata. Musim kemarau yang panjang akan menyebabkan kekeringan karena cadangan air tanah akan habis akibat penguapan ataupun penggunaan lain oleh manusia. Daerah yang mengalami musim kemarau lingkungannya menjadi sangat kering karena kekurangan air.

Ketika musim kemarau datang, dampak kekeringan kian terasa di wilayah yang kondisi sumber airnya sulit. Kemarau tanpa hujan lebih dari 3 bulan menjadi penyebab sumur warga kampung banjar dewa mengering. Kampung Banjar Dewa merupakan daerah yang serapan air tanahnya rendah. Pemandangan yang tampak setiap harinya di kampung banjar dewa yaitu hilir mudiknya warga untuk mencari air untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

Warga Kampung Banjar Dewa yang mengambil air di sumur bor balai kampung untuk keperluan sehari-hari.

Salah satu warga Ketut Wowok ketika ditemui oleh operator menuturkan bahwa sudah dua minggu ini sudah mengambil air untuk keperluan cuci dan masak dirumahnya. Wowok juga mengatakan hal ini dilakukan karena sumur dirumahnya dan sumur tetangganya sudah mengering akibat sudah tiga bulan ini panas tidak turun hujan. Wowok mwngambil air di sumur bor yang ada di balai kampung banjar dewa dengan menggunakan motor. Setiap hari wowok mengambil air 10 derigen itu dilakukan pagi sebanyak lima derigen dan sore harinya lima derigen.

Selain Ketut wowok ada warga lain yang juga berjuang untuk mendapatkan air, Warga tersebut yaitu Men Panca Sapta. Setiap hari men panca sapta mengambil air menggunakan gerobak sorong ( Lory ) dengan membawa serta anaknya. Panasnya terik matahari tidak menyurutkan semangat men panca sapta untuk mendapatkan air untuk keperluannya di rumah. Begitu sangat terasa dampak dari kemarau yang melanda kampung Banjar Dewa yang sudah berlangsung selama 3 bulan ini.

Warga Kampung Banjar Dewa yang mengambil air di sumur bor balai kampung untuk keperluan sehari-hari.

Harapan dari warga semoga musim penghujan cepat datang agar sumur mereka tidak kering dan tidak kesulitan untuk mencari air bersih. Selain itu para warga dapat mengolah lahan pertanian mereka untuk menunjang perekonomian keluarga.

(putu/badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan