Sambut idul adha 1439 hijriah, masjid al hidayah banjar dewa salurkan daging qurban

Pemotongan hewan qurban dalam menyambut Idul Adha 1439 H di masjid Al Hidayah kampung Bnajr Dewa.

Banjar Dewa(22/08/2018): Idul Adha adalah sebuah hari raya Islam atau yang sering disebut sebagai lebaran haji. Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang, seperti ketika merayakan Idul Fitri. Pada hari ini juga diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah.

Tahun ini, panitia qurban Masjid Al Hidayah Banjar Dewa menerima 3 ekor sapi dan 11 ekor kambing. Hewan qurban yang diterima oleh panitia berasal dari masyarakat yang berjumlah 32 orang. Pemotongan hewan qurban dilaksanakan setelah sholat ied selesai dilaksanakan pada pagi harinya. Daging hewan qurban yang diterima panitia akan dibagikan kepada 541 orang yang berhak menerima daging tersebut. Pembagian daging qurban sama rata kepada semua umat islam yang berada di kampung banjar dewa yang termasuk dalam warga kurang mampu.

Pemotongan hewan qurban dalam menyambut Idul Adha 1439 H di masjid Al Hidayah kampung Bnajr Dewa.

Menurut keterangan salah satu panitia hewan qurban M. Barakah Mengatakan hewan qurban yang diterima panitia tahun ini tidak seperti tahun yang lalu. Tahun ini panitia menerima hewan qurban dari perseorangan dan kolompok warga masyarakat kampung banjar dewa. Penyerahan hewan qurban ini merupakan wujud ungkapan rasa syukur dan suatu kebahagian bagi umat islam dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha 1439 H. Penyerahan hewan qurban kepada para yang berhak menerima bertujuan untuk menumbuhkembangkan rasa syukur dan kecintaan kepada Allah SWT dan kepada sesama, ungkap M. Barakah.

Orang yang berkurban adalah orang yang ingin mendekatkan dirinya kepada Allah SWT sekaligus mendekatkan dirinya kepada sesama manusia. Daging hewan kurban kemudian dibagikan kepada kaum fakir miskin yang mungkin mengalami kesulitan untuk mengkonsumsi daging, karena tidak terjangkau oleh daya beli. Hewan qurban biasanya diserahkan oleh orang-orang yang memiliki kelebihan harta dalam hidupnya. Ini harus dilakukan oleh umat Islam yang mampu sebagai ungkapan rasa syukur dan karunia yang telah diberikan oleh Allah.

Pemotongan hewan qurban dalam menyambut Idul Adha 1439 H di masjid Al Hidayah kampung Bnajr Dewa.

Mudah-mudahan dengan kegiatan ini hubungan batin dan persaudaraan antara golongan yang berkecukupan dengan golongan yang berkekurangan akan terjalin. Menyayangi sesama manusia pada hakekatnya mengundang rahmat dan kasih sayang dari Allah SWT dan seluruh makhluk-Nya.

(ips/badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan