Pedamping desa dan pedamping lokal desa tinjau pembangunan di kampung banjar dewa

Pedamping desa meninjau pembangunan yang bersumber dari dana desa di kampung banjar dewa.

Banjar Dewa(16/08/2018): Pedamping desa dan pedamping lokal desa tinjau pembangunan yang bersumber dari dana desa di kampung banjar dewa. Peninjauan ini merupakan kewajiban dan tugas pedamping desa dalam mengawal penggunaan dana desa. Pengawasan penggunaan dana desa melibatkan banyak elemen baik itu masyarakat, pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait seperti Pedamping desa. Hal ini dilakukan agar penggunaan dana desa sesuai dengan apa yang sudah dianggarkan oleh kampung dalam anggaran belanja dan pendapatan setiap kampung.

Keberhasilan pembangunan daerah harus diawali dengan pelaksanaan perencanaan yang baik dan trasparan. Selain itu, juga dibutuhkan kemampuan mengakomodasi, mengidentifikasi aspirasi masyarakat yang diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan. Dalam hal ini, diperlukan peran serta masyarakat dalam peningkatan, pelayanan dan pemberdayaan. Dalam rangka memperkuat daya saing daerah dengan memperlihatkan asas-asas pemerataan dan keadilan. Sehingga pembangunan dengan dana desa dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang ada di desa.

Pedamping desa meninjau pembangunan yang bersumber dari dana desa di kampung banjar dewa.

Dalam kunjungannya pedamping desa Fahmi dan Putu Yudiasih meninjau pembangunan yang dilaksanakan oleh kampung banjar dewa ditahun 2018. Pembangunan pertama yang ditinjau adalah pembangunan drainase yang berlokasi di RK 01 yang proses pengerjaan sudah hampir selesai. Setelah itu pedamping desa juga meninjau ke lokasi pembangunan gorong-gorong dan pembangunan tugu batas kampung. Dimana Hasil peninjauan ini akan menjadi bahan reprensi dalam menjaga sinergi dan koordinasi dalam hal penggunaan dana desa.

Dalam kunjungan ini, memberikan beberapa pemahaman tentang cara pembuatan surat pertanggung jawaban penggunaan dana desa. Dikesempatan tersebut tim pelaksana kegiatan yang medampingi pedamping desa juga berkoordinasi tentang pembagunan yang sudah dikerjakan. Tim pelaksana meminta saran dan kritik untuk pembangunan yang sedang dikerjakan. Tim juga meminta bimbingan dan binnaan agar proses teknisnya berjalan sesuai dengan rencana anggaran biaya pembangunan. Koordinasi tentang pelaporan pembangunan jika pengerjaan pembangunan sudah selesai pengerjaanya.

Pedamping desa meninjau pembangunan yang bersumber dari dana desa di kampung banjar dewa.

Dengan adanya kunjungan pedamping desa diharapkan pengawasan serta koordinasi antara kampung dan pedamping lebih bersinergi. Guna penggunaan dana desa sesuai dengan peruntukannya dan tujuan dari dan desa tersebut.

(ips/badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan