Realisasi penggunaan dana yang bersumber dari dana desa di kampung banjar dewa

Realisasi penggunaan dana desa tahun anggaran 2018 di kampung banjar dewa.

Banjar Dewa(11/08/2018): Dana desa yang diterima oleh setiap kampung, mempunyai banyak manfaat untuk kampung dan masyarakat. Dana desa tahap kedua tahun anggaran 2018, direalisasikan oleh kampung banjar dewa fokus pada bidang pembangunan. Dana desa tersebut direalisasikan untuk tiga kegiatan pembangunan yaitu drainase, tugu batas kampung dan gorong-gorong. Proses pengerjaan ketiga kegiatan pembangunan tersebut melalui padat karya tunai, sesuai dengan peraturan bersama empat menteri.

Pembangunan drainase di kampung banjar dewa dianggarkan sebesar Rp. 247.328.000 dengan volume panjang 700 meter. Untuk tahap kedua pencairan dana desa 40% tahun ini, pembangunan dikerjakan dengan besaran biaya Rp.145.926.000. Pembangunan drainase sesuai dengan rencana anggaran biaya dan dengan ukuran yang diberikan oleh asisten teknik. Bangunan drainase dengan ukuran tinggi 60 cm, lebar jalan air bawah 40 cm atas 60 cm dan lebar pasangan 20 cm kanan kiri. Pembangunan drainase tahap pertama ini, rencana selesai pengerjaannya dalam waktu 34 hari.

Realisasi penggunaan dana desa tahun anggaran 2018 di kampung banjar dewa.

Di kegiatan pembangunan kedua, dana desa direalisasikan oleh kampung banjar dewa yaitu untuk pembangunan gorong-gorong. Dalam rencana anggaran biaya gorong-gorong yang akan dibangun berjumalah 5 unit, dengan anggaran biaya sebesar Rp.57.404.000. Untuk pembangunan gorong-gorong untuk tahap pertamma di tahun 2018 ini, kampung banjar dewa akan membangun gorong-gorong sebanyak 3 unit dengan besar anggaran biaya Rp.33.812.000. Lokas pembangunan gorong-gorong untuk tahap pertama ini dilokasikan di rukun kampung 01, 02 dan 04.

Untuk kegiatan pembangunan yang ketiga, kampung banjar dewa menrealisasikan dana desa untuk tugu batas kampung. Pembangunan tugu batas kampung, menelan anggaran biaya sebesar Rp. 30.524.400 dan dikeluarkan sekaligus. Tugu batas kampung di bangun di lokasi perbatasan antara kampung banjar dewa dengan kampung way tello kabupaten tulang bawang barat. Proses pengerjaan sudah dimulai dari hari senin tanggal 06/08/2018 dan lama pengerjaannya di rencanakan selesai dalam jangka waktu 20 hari. Bentuk dan besaran biaya pembangunan tugu batas kampung disesuaikan dengan gambar dan jumlah biaya mengikuti rencana anggaran dari asisten tekniknya.

Realisasi penggunaan dana desa tahun anggaran 2018 di kampung banjar dewa.

Diharapkan dana desa yang diterima, semua kegiatannya dilaksanakan secara transparan dan compotibel. Dengan adanya transparansi penggunan dana desa dari pemerintah kampung, agar warga mengetahui pengalokasian dana desa tersebut.

(ips/Badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan