Pelaksanaan shalat idul fitri di masjid al hidayah kampung banjar dewa

Pelaksanaan shalat idul fitri di masjid al hidayah kampung banjar dewa.

Banjar Dewa(15/06/2018): Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa ramadhan dan merasakan keistimewaan ramadhan, seluruh umat islam di dunia akan merayakan hari besar yakni idul fitri . Idul fitri diartikan sebagai hari suci atau hari dimana umat islam seperti terlahir kembali dan bersih dari dosa. Idul fitri atau yang biasa disebut dengan hari lebaran adalah salah satu momen yang ditunggu oleh umat islam baik di Indonesia atau di negara lain dan dirayakan pada tanggal 1 Syawal. Saat idul fitri kita melakukan satu ibadah yang hanya dilaksankana pada hari raya idul fitri saja yakni shalat idul fitri atau yang biasa disebut sebagai shalat id.

Shalat idul fitri adalah salah satu shalat yang hanya dikejakan saat perayaan hari raya idul fitri. Shalat idul fitri berbeda dengan shalat sunnah lainnya seperti shalat dhuha, shalat tahajud shalat witir dan shalat wajib dalam hal cara melaksanakan. Shalat idul fitri dilaksanakan pada pagi hari saat hari raya idul fitri dan umat islam akan beramai-ramai mengunjungi mesjid atau lapangan untuk melaksanakan shalat idul fitri secara berjamaah. Biasanya dalam melaksanakan shalat, sampai di luar masjid karena jemaah terlalu ramai.

Pelaksanaan shalat idul fitri di masjid al hidayah kampung banjar dewa.

Di Kampung Banjar Dewa shalat idul fitri di pusatkan di masjid Al hidayah. Masjid Al Hidayah merupakan masjid agung yang ada di kampung banjar dewa. Umat islam yang akan melakukan shalat idul fitri dari pagi sudah berdatangan. Kegembiraan dan kebahagian umat islam begitu terlihat dengan ramainya warga yang melaksanakan shalat idul fitri. Yang menjadi imam shalat idul fitri tahun ini adalah bapak H. sidik yang merupakan imam masjid.

Sebelum shalat idul fitri dilaksanakan, Sekdes banjar dewa M. Barakah membaca surat dari Bupati Tulang Bawang. Inti psan dari isi surat tersebut adalah untuk mengajak umat muslim ditulang bawang menjaga keharmonisan dan toleransi anatar agama. ulang Bawang mengajak kepada seluruh kaum muslimin di Kabupaten Tulang Bawang untuk bersama-sama mengumandangkan takbir, tahmid, dan tahlil mengagungkan kebesaran Alloh SWT. Bupati mengajak masyarakat Kabupaten Tulang Bawang untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan dan mewaspadai isu-isu yang tidak benar.

Pelaksanaan shalat idul fitri di masjid al hidayah kampung banjar dewa.

Setelah selasai melaksanakan shalat idul fitri, para jamaah bersalaman dan saling memaafkan. Satu persatu jemaah bergantian bersalaman dengan rapi dalam barisan yang telah di bentuk. Harapan warga tahun ini, idul fitri menjadi hari yang benar-benar fitri. Selalu menjaga keharmonisan dalam bermasyarakat agar terwujudnya kedamaian di kampung banjar dewa.

(ips/badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan