Transparansi penggunaan dana desa tahun anggaran 2018 kampung banjar dewa

A

Transparansi penggunaan dana desa tahun anggaran 2018 di kampung banjar dewa.

Banjar Dewa(27/05/2018): Dana desa merupakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Dana desa diperuntukan desa dan desa adat diseluruh wilayah Indonesia. Dana desa disalurkan ke desa-desa melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten / kota. Dana desa yang silalurkan dipergunakan untuk penyelenggaraan pemerintah kampung, pembangunan kampung, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan kemasyarakatan.

Sesuai dengan amanat undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, bahwa pemerintah mengalokasikan dana desa melalui transfer ke kabupaten / kota. Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2014 tentang dana desa yang bersumber dari APBN. Dengan luasnya ruang lingkup dan dalam rangka mengoptimalkan pembangunan desa, maka dana desa diprioritaskan untuk membangun pedesaan. Selain itu dana desa juga diprioritaskan untuk pemberdayaan masayarakat yang menjadi tanggung jawab setiap desa.

A

Transparansi penggunaan dana desa tahun anggaran 2018 di kampung banjar dewa.

Dalam pengelolaan dan penggunaan dana desa harus transparan untuk menghindari penyelewengan yang terjadi. Pengawalan dan pengawasan penggunaan dana desa disetiap kampung harus dilakukan secara bersama-sama agar arah dan tujuannya menjadi jelas. Transparansi dana desa di kampung banjar dewa tidak hanya sebatas pada aparatur dan perangkat saja yang mengetahui, tetapi masayarakat pun harus mengetahui. Langkah yang dilakukan oleh pemerintah kampung banjar yaitu dengan mempublikasikan anggaran pendapatan dan belanja kampung secara terbuka.

Publikasi anggaran pendapatan dan belanja kampung banjar dewa dilakukan melalui pemasangan banner APBKam. Tidak hanya melalui banner tetapi publikasi juga melalui website kampung dan media social facebook. Dengan tujuan agar warga kampung banjar dewa dengan mudah mengetahui isi dan arah penggunaan dana desa yang diterima tahun 2018 ini. Publikasi yang dilakukan oleh pemerintah kampung sama persis dengan APBKam. Semua bidang kegiatan secara rinci dan besaran dana yang diguanakan disetiap kegiatan bidang secara jelas.

a

Transparansi penggunaan dana desa tahun anggaran 2018 di kampung banjar dewa.

Harapan dari pemerintah kampung dengan adanya publikasi ini warga kampung dapat mengawasi penggunaan dana desa tersebut. Selain itu warga juga diharapkan dapat beperan dalam pembangunan kampung yang bersumber dari dana desa. Dengan publikasi ini akan mengurangi kesalahan dalam pengelolaan dana desa. Sehingga dana desa direalisasikan sesuai dengan yang sudah dianggarkan oleh pemerintah kampung banjar dewa. Demi terciptanya masyarakat yang sejahtera dan pembangunan kampung yang merata.

(ips/badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan