Bagaimana dan apa kabarnya untuk ” Siskeudes” di kabupaten tulang bawang

s

Aplikasi Siskeudes untuk penata usaha pelaporan keuangan Kampung.

Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) merupakan aplikasi yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa. Pengembangan Aplikasi Sistem Desa telah dipersiapkan sejak awal. Dalam rangka mengantisipasi penerapan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Aplikasi sistem keuangan desa mengakomodir seluruh regulasi keuangan desa. Dan dirancang secara terintegrasi mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan.

S

Aplikasi Siskeudes untuk penata usaha pelaporan keuangan Kampung.

Di Kabupaten Tulang Bawang semua operator Kampung sudah melaksanakan pelatihan tentang pengoperasian siskeudes. Sudah dua kali pelatihan pengoperasian Aplikasi Sikeudes yang diterima oleh operator Kampung. Dengan biaya yang cukup besar dan bersumber dari dana desa. Akan tetapi penerapan Aplikasi Siskeudes di Kabupaten Tulang Bawang tidak berjalan. Pertanyaan besar pun muncul dari Operator Kampung. Dimana letak permasalahannya sehingga Aplikasi Siskeudes penerapannya tidak berjalan di Kabupaten Tulang Bawang.

S

Aplikasi Siskeudes untuk penata usaha pelaporan keuangan Kampung.

Pemberian dana ke desa yang begitu besar jumlah pelaporan pun beragam. Serta adanya titik-titik kritis dalam pengelolaan keuangan desa. Tentunya menuntut tanggung jawab yang besar pula oleh Aparat Pemerintah Desa. Harapan Kami memberikan rekomendasi agar 2018 APBDes desa maupun pelaporan – pelaporan tidak lagi menggunakan sistem manual. Jadi singkat kata untuk pelaporan APBDes harus sudah menggunakan aplikasi Siskeudes. Sehingga Pemerintah Desa bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa. sehingga terwujud tata kelola pemerintahan desa yang baik.

(ips/badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan