Paud kober mandiri kampung banjar dewa melaksanakan gernas baku

A

Kepala Kampung Banjar Dewa Asri Susilowati(Jilbab) saat hadir dalam Gernas Baku di PAUD Kober Mandiri.

Banjardewa.desa.id : Di Kampung Banjar Dewa, Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) telah disosialisasikan oleh PAUD Kober Mandiri. Kegiatan dilaksankan pada hari senin 07/05/2018 di Gedung PAUD Kober Mandiri. Hadir dalam sosialisasi Kepala Kampung, semua wali murid dan bunda PAUD. Tema yang diangkat dalam Gernas Baku kali ini, yaitu menumbuhkan minat baca pada anak-anak usia dini. Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan orang tua membaca buku bersama anak-anak mereka. Mempererat hubungan sosial-emosional antara anak dan orang tua. Menumbuhkan minat orang tua membacakan buku untuk anak sejak dini.

Bunda PAUD Kober Mandiri, Made Maryani dalam penyampaianya, “Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas BAKU) adalah suatu gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga Indonesia dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di lembaga PAUD dan masyarakat. Oleh karena itu, dengan Gernas Baku diharapakan orang tua selalu aktif membacakan buku untuk anak. Selain untuk mempererat hubungan bathin orang tua dengan anak, juga melatih agar anak-anak gemar membaca. Peran orang tua harus selalu mendampingi anak dalam membaca agar anak bisa mengerti apa yang mereka baca”.

A

Bunda PAUD Kober Mandiri memberikan penjelasan tentang tujuan Gernas Baku untuk para wali murid .

Orang tua duduk berdampingan dengan anaknya, ada juga yang duduk berhadap-hadapan dan ada juga orang tua yang memangku anaknya. Orang tua membacakan buku dan anak-anaknya mendengarkan. Selain kegiatan Gernas Baku, diadakan pula gerakan serentak oleh anak-anak yang dikuti oleh orang tuanya untuk menampilkan gerakan-gerakan Gernas Baku yang diiringi dengan lagu Gernas Baku. Dengan adanya Gernas Baku, para orang tua lebih sering meluangkan waktunya untuk membacakan buku bagi anak mereka. Memiliki peran dilembaga PAUD, sehingga kedepannya terbentuk perpustakaan di lembaga-lembaga PAUD.

Kepala Kampung Banjar Dewa Asri Susilowati menyampaikan dukungan dan dorongannya untuk gernas baku tersebut.“Dengan adanya Gernas Baku ini saya sangat mendukung, Karena dengan gerakan ini ada kedekatan emosional antara anak dan ibu. Melatih anak untuk suka membaca. Menjauhkan anak-anak bermain HP dan karena ketekunan orang tua yang membacakan buku, anak – anak sudah pandai membaca. Dengan membaca anak akan mengurangi waktu bermainnya. Membaca akan membuat anak lebih tau tentang dunia” Ungkap Asri.

A

Para wali murid tampak semangat mendampingi anak-anak mereka dalam membaca buku .

Dari kegiatan ini Bunda PAUD Kober Mandiri berharap kepada orang tua wali murid untuk selalu meluangkan waktu membaca bersama dengan anak-anaknya di rumah. Untuk mengawali memangberat,tetapi setelah terbiasa kegiatan membaca bersama anak akan semakin ringan. Disebabjan karena kesibukan ibu-ibu, anak-anak tidak pernah diajak membaca. Jika orang tua rajin membacakan buku pada anak, maka anak akan semakin cerdas dan semakin pintar.

(ips/badew)

2 Comments

Tinggalkan Balasan