Haflah akhirussanah TPA hidayatus salafiah yang kedua

TPA

Umat islam kampung banjar dewa yang hadir dalam haflah akhirussanah TPA hidayatus salafiah yang ke 2.

Banjardewa.desa.id : Istilah “Haflah akhirussanah” tentunya tak asing lagi bagi umat Islam Indonesia, lebih-lebih kalangan pesantren. Istilah yang diadopsi dari bahasa Arab ini, nampaknya tidak hanya populer dimasyarakat, namun sudah sampai mengakar rumput seperti halnya bahasa sendiri. Lepas dari kepopulerannya, sebenarnya apa makna dari Haflah akhirussanah itu sendiri?.

Secara terminologi Haflah Akhirussanah adalah – melihat pada sejarah dan perkembangan munculnya istilah ini – perayaan atau pesta yang dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran – yang dimaksud tahun di sini bukan tahun secara umum, dalam arti tahun masehi atau hijriyah – oleh institusi pendidikan Islam baik formal maupun non formal.

Pada hari minggu tanggal 30/04/2018 kemarin, di TPA hidayatus salafiah diadakan haflah akhirussanah yang ke 2. TPA pimpinan Ustad Arifin ini, berlokasi di rk 01 rt 05 kampung banjar dewa kecamatan banjara agung. Hadir dalam acara tersebut kepala kampung kampung banjar dewa beserta aparatur, tokoh agama dan tokoh masyarakat, bhabinkamtimas dan umat islam kampung banjar dewa. Dalam acara ini, dihadiri oleh penceramah KH Drs Mahmud Rifai pengurus pondok pesantren rumbia lampung tengah.

TPA

KH Drs Mahmud Arifin saat memberikan ceramah dalam haflah akhirussanah TPA hidayatus salafiah yang ke 2.

Dalam sambutannya, kepala kampung banjar dewa sangat mendukung dengan adanya TPA hidayatus salafiah. Dengan adanya TPA ini, akan menciptakan anak- anak usia dini yang beriman khususnya untuk warga yang berumt islam. Kepala kampung juga mengajak kepada seluruh umat islam, untuk memasukan anaknya di TPA hidayatus salafiah, agar anak-anak lebih maju dalam beragama. Disamping itu, kepala kampung juga mengharapkan TPA hidayatus menjadi TPA yang besar di kampung banjar dewa.

KH Drs Mahmud Arifin dalam ceramahnya, mengucapakan rasa terimakasihnya karena sudah di undang hadir untuk menghadiri haflah akhirussana TPA hidayatus salafiah di kampung banjar dewa. Beliau juga mengucapkan selamat haflah akhirussanah kepada TPA hidayatus salafiah yang ke 2. Selain tempat menciptakan anak didik yang berakhlak yang baik, TPA juga sebagi tempat untuk membentuk karakter dalam mempertebal ajaran agama islam. Selain itu, KH Mahmud Arifin juga menghimbau pentingnya toleransi antar beragama di lingkungan kampung banjar dewa yang suku dan agamanya beraneka ragam.

fhoto bersama sekdes, tokoh agama dan bhabinkamtimmas kampung banjar dewa dalam acara haflah TPA hidayatus salafiah yang ke 2.

Dengan haflah akhirussanah yang ke 2 ini, diharapkan TPA hidayatus salafiah menjadi lebih maju dan berkembang. Diharapkan TPA hidayatus salafiah dapat menjadi alternatif untuk mendidik anak-anak dalam memperdalam agama islam di kampung banjar dewa. Dukungan dan peran serta warga kampung khususnya warga beragama islam sangat dibutuhkan dalam mengembangkan TPA hidayatus salafiah untuk lebih maju lagi kedepannya.

(ips/badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan