Pemeriksaan reguler inspektorat tulang bawang di kecamatan banjar agung

Pemeriksaan Reguler oleh Tim audit dari inspektorat kabupaten tulang bawang di kecamatan banjar agung.

Banjar Dewa(Tuba 19/04/2018): Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disebutkan secara tegas bahwa Pemerintah Kabupaten yang dalam hal ini Inspektorat berperan mengawasi pengelolaan keuangan desa dan pendayagunaan aset desa. Selain itu inspektorat berperan juga dengan melakukan pembinaan dan pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Wewenang ini diperkuat dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa pasal 44 Ayat (2).

Dalam pengimplementasikan amanat undang-undang tersebur pemerintah Kabupaten melalui inpektorat melakukan pemeriksaan hasil laporan penyelenggraan pemerintah Kampung yang digelar Selasa , 17/04/2018 di Aula Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang. Diikuti oleh sebelas Kampung di Wilayah kerja Kecamatan Banjar Agung.Hadir dalam acara tersebut Tim Inspektorat Kabupaten Tulang Bawang dan jajaran, pegawai Kecamatan, pendamping desa, pendamping Kecamatan, Kepala Kampung, bendahara Kampung dan operator Kampung.

Kepala Kampung, Bendahara dan Operator Kampung yang hadir dalam pemeriksaan di aula kecamatan banjar agung

Disampaikan oleh Ketua Tim inspektorat Pemeriksaan yang akan dilakukan adalah standar dari kementrian, bukan atas kemauan dari inspektorat. Dari standar pemeriksaan tersebut yang banyak ditemukan adalah bidang dua, yaitu bidang pembangunan. Biasannya ditemukan di RAB. Berupa mark up atau fiktif. Disamping itu disampaikan untuk kedepanya supaya kampung mempunyai pendampingan. Pendampingan itu khususnya dalam penyusunan Laporan Pertanggungjawaban penggunaan bantuan dana desa.

Camat Banjar Agung Sudirman, SH mengamini penyampaian dari inspektorat dan didukung oleh kepala Kampung tentang pendampingan. Sebab dengan pendampingan, memungkinan penyimpangan penggunaan dana semakin kecil dan pelaporan semakin sempurna. Dalam acara ini Camat Banjar Agung menyampaikan bahwa sampai saat ini belum ada kampung menyetorkan RAPBKam, hal ini karena adanya beberapa perubahan kebijakan.

Ketua Tim Hadi Susanto,S.E memberikan sambutan sebelum dilakukannya pemeriksaan berkas.

Ada sebelas Kampung yang mengikuti pemeriksaan, tetapi baru lima kampung yang diperiksa Surat Pertanggung Jawabannya . Kampung Banjar Dewa, Kampung Trimukti Jaya, Kampung Warga makmur Jaya, Kampung Trimulya Jaya dan Kampung Warga Indah Jaya. Enam Kampung yang tersisa, yaitu Kampung Tridarma Wirajaya, Kampung Moris Jaya, Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya, Kampung Tunggal Warga, Kampung Tritunggal Jaya, Kampung Tunggal Waraga dan Banjar Agung akan diperiksa di Kantor Indpektorat Kabupaten Tulang Bawang.

Pemeriksaan terhadap 5 kampung dilakukan secara bersamaan oleh tim audit dari inspektorat tulang bawang.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh tim inspektorat adalah pemeriksaan reguler yang bertujuan untuk mengetahui sampai dimana Kampung penggunaan dana bantuan. Kemudian diharpakan dengan pemeriksaan ini Kampung semakin baik dan benar dalam merencakan, melaksanakan dan melaporkan kegiatan yang dilakukan. Sehingga masyarakat dapat menikmati langsung manfaat dari pembangunan yang laukan oleh kampung.

(ips/badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan