Kegiatan posyandu kampung banjar dewa

Pembagian sayuran hijau untuk ibu-ibu hamil kampung banjar dewa.

Banjar Dewa(12/04/2018): Dalam rangka meingkatkan kesehatan warga Kampung banjar dewa, maka pada hari kamis 12/04/2018 dilaksanakan kegiatan posyandu rutin. Kegiatan yang biasanya dilaksanakan tanggal 14 dan 15 setiap bulannya, namun dimajukan pelaksanaannya hari ini. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama pemerintah kampung banjar dewa dengan puskesmas tulang bawang 1. Tujuan dari pelaksanaan posyandu tersebut, adalah untuk menjaga dan memriksa kesehatan warga kampung. Pemeriksaan yang dilakukan merupakan pemeriksaan kesehatan tahap dasar.

Kegiatan ini, merupakan tindak lanjut secara dini resiko kesehatan. Resiko kesehatan, dapat ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk kefasilitas pelayanan kesehatan dasar. Kegiatan dilaksanakan mulai jam 09.00 wib dan bertempat dibalai kampung banjar dewa. Dalam pelaksanaannya, kegiatan posyandu tersebut ,di laksanakan oleh tenaga medis dari puskesmas dan dibantu oleh kader kesehatan kampung banjar dewa. Sebagai bentuk kepedulian untuk kesehatan, posyandu yang dilaksanakan yaitu posyandu balita, ibu hamil dan lansia.

Pemeriksaan dan pemberian imunisasi kepada anak balita dalam kegiatan posyandu banjar dewa.

Pelayanan yang diberikan berupa pelayanan dasar. Untuk kesehatan lansia, dilaksanakan senam lansia. Disamping itu, diberikan juga nutirsi tambahan bagi lansia. Untuk posynadu balita Selain penimbangan pada bayi, diberikan juga imunisasi yang bertujuan untuk memberikan kekebalan terhadap bayi. Bervarisai imunassi yang diberikan kepada bayi, tergantung usia bayi. Beberapa jenis imunasi yang dibekan oleh petugas dari Puskesmas Tulang Bawang i adalah, Hepatitis B, Polio,BCG, Campak dan BH-HB-HiB. Diberikan juga Vaksin tambahan berupa PVC, Vaselin, Influensa, Hepatitis A dan HPV.

Pemberian nutrisi tambahan bagi ibu-ibu hamil. Kebutuhan gizi nutrisi ibu hamil wajib dicukupi karena kebutuhan ibu hamil harus bisa menutrisi janin yang ada di dalam kandungannya. Jangan sampai ibu hamil kekurangan nutrisi, sebab jika sampai kekurangan nutrisi janin yang dikandungnya tidak sehat dan juga terkena komplikasi. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi ibu hamil menjaga asupan nutrisinya. Jika ingin mencukupi kebutuhan nutrisi, ada baiknya menjaga jenis makanan yang akan dikonsumsinya. Mungkin hal ini akan sulit bagi ibu hamil yang mengalami masa ngidam. Namun yang namanya nutrisi haruslah dipaksakan, agar kondisi ibu hamil tetap sehat dan terjaga.

Senam lansia yang dilakukan oleh para lansia dalam kegiatan posyandu kampung banjar dewa.

Dengan adanya posyandu rutin setiap bulan, diharapkan dapat mejaga kesehatan para warga kampung. Selain itu, yang lebih penting adalah untuk menekan angka kematian ibu dan angka kematian bayi saat melahirkan. Dengan menjaga pola hidup sehat, akan mencegah resiko-resiko kesehatan yang dialami oleh setiap orang. Pendeteksian dan pencegahan dini, akan dengan mudah dicarikan solusi dalam penanganannya. Mulailah menerapkan hidup sehat, dengan badan yang sehat akan membuat masayarakat yang maju dan berkembang.

(ips/badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan