Wanita hindu dharma indonesia kampung banjar dewa

Fhoto Kegiatan WDHI banjar dewa sedang latihan tari rejang renteng di balai kampung banjar dewa.

Banjar Dewa(Tuba 06/04/2018): Indonesia memang mengenal banyak sekali budaya, agama, dan juga suku. Dalam kemerdekaan tak luput daripada peran serta agama, suku, dan budaya yang berkembang. Sejatinya hal tersebut memang harus dilakukan, hal ini dikerenakan Indonesia adalah negara yang besar. Negara berbentuk pulau-pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke. Menyikapi perkembangan dan eksistensinya tersebut, beberapa agama bahkan membentuk organisasi agama. Salah satu oraganisasi agama yang dibentuk, yaitu organisasi keagamaan wanita hindu. Organisasi yang dibentuk tersebut dinamakan dengan WIDHI (Wanita Hindu Dharma Indonesia).

Organisasi WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia) merupakan suatu wadah yang dibentuk terutama untuk melihat berbagai persoalan dalam kehidupan bermasyarakat umat Hindu. Organisasi ini ada untuk melihat segala macam persoalan, baik pribadi maupun orang banyak. Berdirinya organisasi WHDI pada prinsipnya ditujukan untuk menghimpun pemikiran diantara sesama anggotanya, serta mendinamiskan gerak dan aktivitas swadharma wanita Hindu di seluruh Indonesia secara sistematis dan serasi yang merupakan wujud dharma bhakti sebagai umat Hindu dan warga negara Indonesia dalam rangka pembangunan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Fhoto Kegiatan WDHI banjar dewa sedang mebersihkan halam pura dalem kampung banjar dewa .

Organisasi WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia) bertujuan membina umat Hindu (khususnya wanita Hindu) dalam mewujudkan wanita Hindu yang cerdas, mandiri, dan berbudi pekerti luhur. Ikut berperan dalam berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai jagadhita (kesejahteraan) dengan budaya organisasi yang modern. Dalam rangka menempatkan organisasi menjadi eksis di tengah masyarakat, hal yang terpenting adalah, program kegiatan organisasi yang dibuat harus merupakan representasi dari kebutuhan anggota, baik secara internal maupun eksternal.

Di kampung banjar dewa, sudah dibentuk organisasi WHDI. Tujuan dibentuknya WHDI di kampung banjar dewa yaitu untuk menumbuhkan srada bhakti dan membantu masyarakat hindu khususnya. Dalam pelaksanaannya, WHDI banjar dewa mempunyai beberapa kelompok bidang kerja. Kelompok bidang kerja ekonomi, yaitu kelompok yang ditugaskan dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Kelompok bidang seni dan budaya, yaitu kelompok yang tugasnya melestarikan seni dan budaya hindu. Kelompok bidang Pendidikan, yaitu kelompok yang tugasnya meningkatkan pendidikan agama untuk anak-anak umat hindu.

Fhoto Kegiatan WDHI banjar dewa sedang gotong royong membuat lahan untuk tanaman singkong.

Kegiatan rutin yang dilakukan oleh WHDI kampung banjar dewa yaitu gotong royong (ngayah) di pura. Bentuk gotong royongnya yaitu dengan membersihkan lokasi pura. Kegiatan gotong royong, biasanya dipusatkan di pura desa kampung banjar dewa. Jadwal pelaksanaannya, dilaksanakan setiap hari minggu. Selain itu, kegiatan yang dilakukan oleh WHDI kampung banjar dewa yaitu kegiatan pesantian. Sebagai satu-satunya organisasi wanita hindu di banjar dewa, agar semua anggota dapat menjadi contoh dalam peningkatan srada dan bhakti di masyarakat.

Dengan adanya WHDI, diharapkan dapat menjadi wadah dalam menanamkan srada bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi. Peran serta WHDI, diharapkan dapat membantu dalam pembagunan kampung. Peran aktif wanita dalam pembangunan, selalu dibutuhkan sekarang ini.

(ips/badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan