Perbaikan data pemilih sementara oleh “PPS” sekecamatan banjar agung

Fhoto rapat koordinasi ppk dan pps di balai kampung tunggal warga.

Banjar Dewa(Tuba 01/04/2018):Rapat koordinasi perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) berlangsung Jum’at, 30/03/2018 di Balai Kampung Tunggal Warga. Rapat yang dihadiri oleh PPS se-Kecamatan Banjar Agung membahas perbaikan daftar pemilih sementara sebelum ditetapkan menjadi daftar mata pilih tetap (DPT). Dalam daftar pemilih sementara untuk pemilihan gebernur dan wakil gubernur masih ada perbaikan yang tidak begitu banyak. KPU tulang bawang melaui PPK kecamatan banjar agung memerintahkan seluruh PPS untuk memperbaiki DPS di wilayah kerjanya.

Disampaikan oleh Pytrah Panitia Pemilihan Kecamatan Banjar Agung.Dalam pelaksnaan pemilihan umum, kita ketahui dari tahun ke tahun selalu ada perbaikan, baik itu perbaikan kinerja, pengawasan dan lainya. Sehingga mau tidak mau kita harus berusaha keras, sebab jika tidak dilaksanakan akan merepotkan kita sendiri. Oleh karena itu harus sebaik mungkin dalam penyelenggaraan pemilu. Pemilu yang bersih akan membawa demokrasi yang adil dan jujur.

Fhoto pps sekecamatan banjar agung yang hadir dalam rapat koordinasi dps di balai kampung tunggal warga.

“untuk Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang akan ditetapkan ke Daftar Pemilih Tetap (DPT) diharapkan PPS bekerja lebih hati-hati, diteliti apakah DPS ada yang nama ganda, meninggal atau mungkin tertinggal ketika melakukan coklit. Kemudian di kolom keterangan ditulis nol, jika nama yang ada di DPS benar. Selanjutnya keterangan yang lain diurutkan dari nomor 1 sampai dengan 10. Untuk tambahan baru ditulis meneruskan nama yang sudah ada di DPS paling bawah dengan keterangan ditulis B. Untuk perubahan ditulis huruf U di kolom keterangan. Bagi pemilih susulan harus mengisi formulir A.1.A-KWK melampirkan KTP atau KK”. lanjutnya.

Dalam prakteknya nanti panitia pemugutan suara harus menyesuaiakan dengan hasil data pemuktakhiran. Dimana DPS yang telah diperolah dicek satu persatu dengan data hasil DPHPnya. Dari penjelasn yang diberikan oleh PPK, PPS diharapka bekerja dengan lebih teliti. Ketelitaan dalam proses pengecekan akan menghasilkan data yang akurat. Dengan data yang akurat penyelenggara pemilu akan lebih baik dan transparan. Tidak ada lagi data yang ganda dan tidak ada pemilih yang belum terdaftar sebagai hak pemilih dalam pemilu.

Fhoto anggota pps banjar dewa sedang memperbaiki dps di balai kampung tunggal warga.

PPS mengecek DPS yang diberikan oleh PPK Banjar Agung. Dari sebelas PPS, ada yang tidak mengalami perubahan seperti PPS Kampung Warga Indah Jaya, tetapi ada PPS yang banyak mengalami perubahan. Perubahan tersebut kebanyakan ada di NIK dan nama. Selain itu perbaikan ada pada nama ganda yang masih muncul. Sebagian PPS masih ada data pemilih yang sudah meninggal. Hasil perbaikan dikumpulkan ke PPK tanggal 07/04/2018.

Dengan digelarnya rapat koordinasi Daftar Pemilih Sementara (DPS), diharapkan kepada semua PPS dapat segera memperbaikinya. Dengan harapan DPS yang telah diperbaiki tidak ada kesalahan, karena akan segera disusun menjadi Daftar Pemilih Tetap oleh KPU.

(ips/tuba)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan