Festival sepak bola anak danone national cup 2018

Satria Arya Pratama( kedua Kanan Berdiri) bersama Tim Indraloka Jaya 1 di Kejuaran DNC 2018 Pringsewu(Dok:KBD/Fhoto Timotius)

>Banjar Dewa-Banjar Agung(Tuba,20/02/2018): Danone Nations Cup (DNC) adalah festival sepak bola tahunan anak usia 10-12 tahun terbesar di dunia,bahkan sudah diakui sebagai Piala Dunia sepak bola untuk anak-anak oleh FIFA. Tujuan dari kompentisi ini adalah untuk mewujudkan mimpi anak-anak Indonesia beraksi di kancah kompetisi sepak bola. Guna mewujudkan itu, Aqua Danone kembali menggelar kompetisi ditingkat Kabupaten dan tingkat Provinsi. Ditingkat Kabupaten, Kompentisi di selenggarakan di 2 tempat yaitu Kabupaten Tulang Bawang dan Kabupaten Tulang Bawang Barat tanggal 17/01/2018. Dalam Kompentisi sekabupaten Tulang Bawang tersebut, diikuti oleh 24 Tim sepak bola dari berbagai Kampung. Sedangkan ditingkat Provinsi, Kompentisi di selenggarakan di Kabupaten Pringsewu tanggal 17 s/d 18 Februari 2018. Kompentisi tingkat Provinsi, diikuti oleh 92 Tim dari 14 Kabupaten/Kota.

Kompentisi ditingkat Provinsi yang diselenggarakan di Kabupaten Pringsewu, secara resmi dibuka langsung oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE,M.Kom,Akt tanggal 16/02/2018. Kompentisi yang diselenggarakan bertempat di Lapangan waringin Barat Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Prinsewu. Selain dihadiri oleh Wakil Bupati, pembukaan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda olah Raga Syamsir Kasim, Kabag Humas dan protokol Setkab Ibnu Harjianto, S.Pd, Ketua DNC Kabupaten Pringsewu H.Iswahyudi Joko Pramono, dan Kordinator DNC Lampung Rudi CH. (sumber: Gemma Lampung News)

Penendangan Bola pertama oleh Wakil Bupati Pringsewu sebagai tanda resmi dibukanya Kejuaran DNC 2018 tingkat Provinsi.(Dok:KBD/Fhoto Timotius)

Wakil Bupati Dr.H.Fauzi,SE,M.Kom,Akt mengatakan menyambut dengan baik dan secara pribadi sangat mendukung Liga DNC tingkat Provinsi Lampung yang diselenggarakan langsung di kabupaten pringsewu. lanjutnya Fauzi menyampaikan kepada semua peserta untuk terus memacu semangat dan motivasi agar mencapai prestasi yang maksimal. Saya berdoa semoga dari adik-adik yang ikut berkompetisi dalam Liga Danone Cup U.12 tingkat Provinsi Lampung, mulai dari hari ini agar bisa menjadi para atlet yang profesional dan mumpuni”paparnya Fauzi.(sumber: Gemma Lampung News)

Sementara itu dalam sambutan Ketua DNC Kabupaten Pringsewu H.Iswahyudi Joko Pramono menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak danone, yang telah memberikan kepercayaan dan dukungaannya atas terselenggaranya Liga Danone Cup 2018. Kabupaten Pringsewu dipilih untuk menjadi tuan rumah Liga DNC yang ke-5 tingkat provinsi lampung. Saya mengingatkan kepada peserta agar semangat dalam berolahraga dan semaksimal mungkin, karena ini adalah ajang seleksi pencarian bakat para pemain pemain muda untuk masuk kejenjang selanjutnya. Bahwa perlu diketahui provinsi lampung akan dicari tiga club terbaik, yang mana akan dikirim ke Jakarta untuk mengikuti seleksi mewakili provinsi lampung dalam regional Jakarta pada bulan maret mendatang, pesannya Joko. (sumber: Gemma Lampung News)

Satria (kiri berdiri) bersamaTim BDJ.FC saat meraih Runner Up diKejuaraan DNC 2018 tingkat Kabupaten.(Dok:KBD/Fhoto Timotius)

Kejuaraan Danone cup yang diselenggarakan ini, sebagai wadah anak-anak usia 12 tahun untuk menyalurkan bakat dalam sepak bola. Kejuaran ini untuk mencari talenta-talenta yang dijadikan sebagai pemain, yang akan mewakili daerahnya masing-masing untuk ditingkat yang lebih tinggi. Dalam kejuaran yang diselenggarakan tersebut dicari 2 tim, yang akan mewakili Kabupaten Tulang Bawang di kejuaraan DNC di tingkat provinsi. Tim yang lolos dalam kejuaraan ini, salah satunya adalah Tim dari BDJ.FC dibawah asuhan dari Bapak Timotius. Di Kejuaraan tingkat Kabupaten, BDJ.FC meraih juara 2 dan berhak wewakili Tulang Bawang Bersama Indraloka Jaya 1 di DNC tingkat provinsi yang akan diselenggarakan di Kabupaten Pringsewu. Banjar Dewa meraih Runner Up, setelah kalah dari Indraloka Jaya dengan sekor 3-1. Akan tetapi, Tim BDJ.FC tidak dapat mengikuti kejuaran DNC 2018 di Prinsewu. Alasannya, karena orang tua pemain tidak mengizinkan anaknya untuk berlaga dikejuaraan tersebut.

Tim Indraloka Jaya 1 yang meraih juara Runner Up Kejuaraan DNC 2018 Tingkat Provinsi di Pringsewu(Dok:KBD/Fhoto Tiomotius)

Kekecewaan yang dirasakan oleh Tim BDJ. FC, dapat dilihat dari wajah-wajah polos para pemain kecil ini. Dengan usia mereka yang masih sangat belia, sudah dapat membawa nama sekolahan bahkan nama Kampung. Harus terhenti oleh orang tua mereka, tetapi ada salah satu pemain dari Tim BDJ.FC yang bergabung dengan Tim Indarloka Jaya 1 yaitu I Wayan Satria Arya Pratama. Anak Pertama dari pasangan I Kadek Ardayana dan Wayan Nelywati ini, merupakan pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang. Bakat yang dimiliki oleh Satria, turunan dari Ayah dan Pamannya yang merupakan mantan Pemain Sepak Bola Banjar Dewa FC. Satria yang baru berusia 10 Tahun ini, tercatat sebagai siswa kelas 6 SD lentera Harapan Banjar Dewa.

Tim Indraloka Jaya 1 dan Tim Gajah Mada Lampung Timur siap bertanding dalam laga puncak DNC 2018 Pringsewu.(Dok:KBD/Fhoto Timotius)

Selain menjadikan Timnya Runner Up di tingkat Kabupaten, Satria juga sukses membawa Tim Indraloka jaya 1 meraih runner up ditingkat Provinsi. Peringkat ke 2 diraih , setelah dilaga final Tim Indraloka Jaya 1 kalah dari tim Gajah Mada Lampung Timur melalui adu pinalti. Kesuksesan ini tidak terlepas dari semangat dan kerja keras tim. Pemain cilik yang berbadan gempal ini, sedikit kecewa karena tim yang dibawanya meraih sukses bukanlah Tim dari Kampungnya sendiri. Tetapi rasa bangga dan senang tetap dirasakan olehnya, karena masih dapat membawa nama Kampung meskipun secara pribadi. Kesuksesan pemain cilik ini, tidak terlepas dari sentuhan dari tangan dingin pelatihnya yaitu Bapak timotius yang sekaligus sebagai guru olah raganya disekolah. Untuk selanjutnya, Satria Bersama Tim Indraloka Jaya 1 akan mewakili Lampung mendampingi Tim Gajah Mada dari Lampung Timur untuk berlaga ditingkat Nasional regional Jakarta Bulan Maret mendatang.

Fhoto bersama Tim Official, Ketua DNC Pringsewu dan Pihak Aqua Danone setelah pembagian piala di kejuaraan DNC 2018 tingkat Provinsi.(Dok:KBD/Fhoto Timotius)

Seperti yang dikatakan oleh Bapak Timotius selaku pelatih kejuaraan ini sangat positif, karena dapat menyalurkan bakat anak-anak yang hobi akan sepak bola. Tim BDJ.FC, melakukan latihan setiap hari sabtu dan minggu sore bertempat dilapangan sepak bola Kampung Banjar Dewa. Hasil yang kami raih sekarang ini, merupakan hasil dari kerja keras tim dan semangat dari para pemain. Kejuaraan tidak hanya ditingkat Kabupaten, akan tetapi kejuaran ini akan berlanjut ketingkat Provinsi dan tingkat Nasional. Kami sangat bangga dengan anak-anak, karena sudah membawa nama Tim BDJ.FC Berjaya di Kejuaraan DNC 2018 tingkat Kabupaten. Saya sedikit kecewa dengan keputusan dari orang tua kedua pemain selain Satria, yang tidak mengizin anaknya untuk berlaga di tingkat yang lebih tinggi. Sebenarnya kejuaraan ini, adalah wadah untuk menjadikan jejang anak mereka untuk berlaga ditingkat nasional. Khusus untuk Satria, saya ucapkan selamat semoga menjadi pemain professional dikemudian hari. Tetap semangat dan berlatih, agar bisa meraih sukses ditingkat nasional, jelas Timotius.

Dengan raihan hasil yang begitu cemerlang, diharapkan pihak-pihak yang terkait dapat menyalurkan dan meningkat bakat anak-anak di bidang sepak bola. Diharapkan setiap tahunnya, ada kompentisi-komptensi ditingkat kampung dengan tujuan mencari bakat anak-anak U-12 yang lebih banyak. Memfasilitasi semua sarana dan prasarana, yang menunjang kemajuan dan keberhasilan dalam sepak bola yang ada di Kampung.

(Putu Badew/Tuba)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan