Kegiatan posyandu dan posbindu di kampug banjar dewa

Pemberian Vaksinasi untuk anak balita oleh petugas Puskesmas Tuba 1(Dok:KBD/Fhoto Suwarni)

Banjar Dewa-Banjar Agung(Tuba,18/02/2018): Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan . Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelanggraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemmudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/social dasar untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi. Posyandu adalah sistem pelayanan yang dipadukan antara satu program dengan program lainnya yang merupakan forum komunikasi pelayanan terpadu dan dinamis seperti halnya program KB dengan kesehatan atau berbagai program lainnya yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat.

Posyandu adalah suatu wadah komunikasi alih teknologi dalam pelayanan kesehatan masyarakat dari Keluarga Berencana dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat dengan dukungan pelayanan serta pembinaan teknis dari petugas kesehatan dan keluarga. berencana yang mempunyai nilai strategis untuk pengembangan sumber daya manusia sejak dini. Yang dimaksud dengan nilai strategis untuk pengembangan sumber daya manusia sejak dini yaitu dalam peningkat mutu manusia di masa yang akan datang dan akibat dari proses pertumbuhan dan perkembangan manusia ada 3 intervensi yaitu Pembinaan kelangsungan hidup anak, Pembinaan perkembangan anak dan Pembinaan kemampuan kerja.

Pemeriksaan kesehatan lansia oleh petugas kesehatan puskesmas Tuba 1 dalam kegiatan Posbindu.(Dok:KBD/Fhoto Suwarni)

Tujuan pokok dari Posyandu untuk :
1. Mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak,
2. Meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak,
3. Mempercepat penerimaan norma keluarga kecil bahagia sejahtera,
4. Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan kegiatan–kegiatan lain yang
menunjang peningkatan kemampuan hidup sehat, pendekatan dan pemerataan pelayanan kesehatan kepada
masyarakat dalam usaha meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada penduduk berdasarkan geografi,
5. Meningkatkan dan pembinaaan peran serta masyarakat dalam rangka alih tehnologi untuk swakelola usaha–usaha
kesehatan masyarakat.

Sebagai salah satu kepedulian Pemerintahan Kampung untuk kesehatan masyarakat, maka pada hari Rabu tanggal 14/02/2018 Kader Kesehatan Kampung Banjar Dewa mengadakan kegiatan Posyandu dan Posbindu. Posyandu yang dipusatkan di Balai Kampung ini, terlaksana atas kerjasama antara pemerintah Kampung dan Pihak Puskesmas Tulang Bawang 1. Kegiatan Posyandu Kali ini, dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk anak balita dan Lansia. Selain pemeriksaan kesehatan, kegiatan Posyandu untuk anak balita juga memberikan Vitamin, nutrisi tambahan, imunisasi dan pemberian vaksinasi. Kegiatan Posbindu untuk lansia, pemeriksaan yang dilakukan yaitu pengecekan tensi darah, kadar gula dalam darah dan asam urat. Dalam Posyandu. Dalam kegiatan Posyandu dan Posbindu rabu kemarin, dilakukan juga pemeriksaan untuk ibu yang sudah menikah dengan tujuan untuk pemeriksaan awal mendeteksi ada atau tidaknya kanker servik.

Pemberiaan Vitamin A untuk anak balita dalam kegiatan Posyandu Kampung Banjar Dewa.(Dok:KBD/Fhoto Suwarni)

Kegiatan Posyandu dan Posbindu yang dilaksanakan, mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat. Antusias warga, dapat dilihat dari banyaknya warga yang datang mebawa anak balita dan sanak saudara yang sudah lansia. Selain itu, kegiatan ini juga mendapat perhatian lebih dari Kepala Kampung Banjar Dewa Asri Susilowati. Asri dengan setianya, menemani dan berbaur Bersama warga yang datang dalam kegiatan Posyandu dan Posbindu. Kegiatan yang dikoordinir oleh Bidan Desa Suwarni, A.Md Keb, berlangsung sesuai dengan arahan dan petunjuk dari tim kesehatan dan kader kesehatan. Warga dengan penuh kesabaran, menunggu giliran untuk mendapatkan pemeriksaan.

Disela-sela ikut dalam kegiatan Posyandu dan Posbindu, Kepala Kampung Asri sedikit mengungkapkan selain mendapatkan kesehatan secara gratis, pemeriksaannya pun tidak harus jalan jauh ke puskesmas. Sebagai kominmen dari pemerintah Kampung, kesehatan masyarakat menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan Kampung Banjar Dewa. Untuk menjalankan semua itu, perlu kerjasama dari semua pihak yang berkompenten di bidangnya. Untuk menjadi yang maju, masyarkatnya harus sehat dan terbebas dari semua masalah kesehatan. Anak balita merupakan genari penerus, maka kesehatan mereka perlu kita jaga untuk mencegah Angka Kematian Bayi. Kesehatan lansia harus diperhatikan, karena lansia harus mendapat perhatian dan perawatan yang lebih dan khusus, ungkap Asri.

Akupresure untuk ibu muda yang dilakukan oleh petugas Puskesmas Tuba 1.(Dok:KBD/Fhoto Suwarni)

Dengan adanya Posyandu dan Posbindu, diharapkan dapat memantau kesehatan balita dan lansia. Selain itu, kegiatan Posyandu dan Posbindu dapat membantu semua masyarakat yang mempunyai keluhan dalam kesehatan. Posyandu dan Posbindu diharapkan dapat menjadi pusat kesehatan di tingkat Kampung, Agar menjdaikan masyarkat Kampung sehat menuju Kampung yang maju.

(Putu Bade/Tuba)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan