Mikrotik sebagai router networking yang terpusat

Tampilan menu winbox Mikrotik(Dok:KBD)

Banjardewa-Banjar Agung(Tuba,09/02/2018): MikroTik Router adalah sistem operasi dan perangkat lunak, yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal. Berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot. Kebutuhan akan akses internet dewasa ini sangat tinggi sekali, baik untuk mencari informasi, artikel, pengetahuan terbaru atau bahkan hanya untuk chating. Orang yang bergelut di dunia IT Networking, harus mengerti dan belajar tentang Mikrotik.

Pembagian nomor untuk internet atau biasa disebut dalam dunia networking adalah IP Address. Satu IP Address perlu sekali berhubungan dengan IP address lainnya yang berbeda class atau subnet, maka diperlukanlah suatu proses system untuk menghubungkan IP Address itu yaitu disebut dengan nama routing. Routing akan membuat sebuah rantai jaringan saling terhubung dan bisa berkomunikasi dengan baik dan informasi yang tersedia di satu IP Address akan didapatkan di IP address yang lainnya.

Tampilan menu winbox, saat setting konfigurasi mikrotik(Dok:KBD)

Device atau perangkat yang digunakan untuk proses routing biasa disebut router. Router terdiri dari hardware dan software, keduanya harus terpasang sejalan atau sinkron supaya bisa bekerja dengan baik. Router bisa kita peroleh dengan cara memakai langsung tanpa harus install system, yaitu dengan menggunakan router broadband. Kita bisa juga menggunakan komputer untuk membuat router, dengan cara menginstall system operasi atau software. Untuk membuat router, hardware harus mendukung untuk proses routing.

Mikrotik adalah salah satu vendor hardware dan software, yang menyediakan fasilitas untuk membuat router yaitu Mikrotik Router OS. Mikrotik Router OS Salah satunya adalah Operating system yang khusus digunakan untuk membuat sebuah router dengan cara menginstalnya ke komputer. Fasilitas atau tools yang disediakan dalam Mikrotik Router Os sangat lengkap, untuk membangun sebuah router yang handal dan stabil.

Tampilan menu winbox MikroTik dalam setting onfigurasi perubahan User dan password.
(Dok:bd.desa.id)

Dalam pertemuan yang tidak disengaja, antara Operator Banjar Dewa dan pembimbing SiDeKa mas Dana Putra Yuda. Pertemuan yang semula untuk membahas perkembangan SiDeKa, berubah menjadi belajar bareng pengenalan tentang mikrotik. Awal mulanya, karena permintaan operator Banjar Dewa untuk menganti Password wifi milik Kampung Banjar Dewa. Setelah dilakukan konfigurasi mikrotik oleh mas Dana, timbulah rasa ingin tahu operator tentang mikrotik tersebut. Sebagai orang yang buta dalam hal teknologi, melihat cara mengkonfigurasikan mikrotik terlihat begitu sulit dan rumit. Namun hal itulah yang menjadi keinginan operator, untuk mengenal fungsi dari mikrotik tersebut. Belajar dari yang sulit, akan menjadikan hasil yang didapat akan lebih bermutu dan bekualitas.

Seperti yang diungkapkan oleh mas Dana, perkembangan teknologi tidak hanya ada pada softwarenya saja melainkan harwardnya juga. Perkembangan teknologi hardware saat ini, sudah mengalami perkembangan dan persaingan yang sangat ketat bagi para produsenya. Salah satu hardware yang mengalami kemajuan dalam pembangunan suatu networking adalah mikrotik. Untuk pengenalan awal kita harus tahu dulu apa itu mikrotik, barulah kita menginjak ke pengenalan tata cara konfigurasi dalam mikrotik. Saat ini, sebagian besar usaha yang bergerak di bidang internet menggunakan mikrotik sebagai routernya. Alasannya,karena mikrotik mempunyai fungsi sebagai pengaturan koneksi internet yanag dapat dilakukan secara terpusat dan memudahkan untuk pengelolaannya, ungkap mas Dana.

Dana Putra Yuda (Kanan) saat menjelaskan tentang Mikrotik kepada operator Kampung Banjar Dewa.(Dok: bd.desa.id)

Dalam melakukan konfigurasi sebuah Mikrotik router OS bisa menggunakan beberapa metode yaitu dengan menggunakan SSH, Telnet, serial console, dan bisa juga menggunakan browser(webfig). Tetapi Mikrotik router OS memiliki aplikasi khusus yang Gratis dan sangat praktis yang sangat populer yakni Winbox. Mungkin sudah banyak yang mengetahui dan dapat mengoperasikan Aplikasi Winbox, karena memang sudah sangat terkenal dikalangan pengguna Mikrotik router os. melalui winbox ini, semua konfigurasi mikrotik dapat dilakukan karena terlihat begitu praktis dan cepat.

Perkembangan teknologi saat ini, setiap kampung diharapkan para operatornya dapat menyeting sendiri jaringan yang dimiliki Kampung. Dengan tujuan, agar trouble yang terjadi pada wifi yang dimiliki Kampung dapat di tangani sendiri. Dampak dari kemajuan SDM operator, akan sangat berpengaruh pada kemajuan informasi dan teknologi disetiap Kampung.

(Putu Badew/Tuba)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan