Sekilas tentang kampung banjar dewa

Balai Kampung Banjar Dewa sebagai pusat pemerintahan.(Dok:KBD/Fhoto PDT)

Banjar Dewa-Banjar Agung (Tuba, 01/02/2017) : Kampung Banjar Dewa adalah sebuah Kampung, yang terletak di Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung. Kampung yang dibentuk pada pertengahan tahun 2009 ini,merupakan pemekeran dari Kampung induk yaitu Kampung Banjar Agung. Dasar yang melatar belakangi dibentuknya Kampung Banjar Dewa yaitu sesuai dengan Peraturan Pemeritah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Nomor 06 Tahun 2018 tentang pembentukan, penghapusan dan penggabungan Kampung. Atas dasar tersebut, maka melalui musyawarah semua elemen masyarakat disepakati bahwa Kampung Banjar Agung dimekarkan menjadi 2 Kampung yaitu Banjar Agung sebagai Kampung Induk dan Banjar Dewa. Nama Kampung Banjar Dewa terdiri dari 2 kata yaitu Banjar dan Dewa, Kata Banjar mengadopsi dari nama Kampung Banjar Agung sedangkan kata Dewa mengadopsi dari asal muasal Kampung induk yaitu Pagar Dewa. Tujuan pemberian nama Kampung Banjar Dewa, agar tidak menghilangkan dari mana asal Kampung Banjar Dewa.

Sejak dibentuk pertengahan tahun 2009 hingga sekarang, Kampung Banjar Dewa mengalami beberapa kali pergantian Kepemimpinan. Dalam menjalankan roda pemerintahan Kampung Banjar Dewa, jabatan Kepala Kampung dijabat oleh seorang Pejabat Sementara (Pjs) sebelum dipilihnya Kepala Kampung Definitif. Pjs Kepala Kampung Banjar Dewa dijabat oleh Pan Ayu Lestari, dengan masa jabatan selama 3 tahun yaitu dari tahun 2009 s/d 2012. Setelah dilaksanakannya Pemilihan Kepala Kampung pertama pada tahun 2012, secara definitif Kepala Kampung Banjar Dewa dijabat oleh Made Wardane,SE dengan masa bhakti 2012-2017. Pada Tahun 2017 Kepemimpinan Kampung Banjar Dewa berganti dari Made Wardane ke Asri Susilowati, setelah terpilih melalui Pemilihan Kepala Kampung dengan masa bhakti 2017-2023.

Gotong Royong sebagai wujud kebersamaan dalam bermasyarakat.(Dok:KBD/Fhoto PBT)

Kampung Banjar Dewa memiliki luas daerah yaitu 867 Ha, yang terbagi menjadi 2 fungsi yaitu sebagai lahan permukiman penduduk dan sebagai lahan pertanian warga. Tahun 2017, Penduduk Kampung Banjar Dewa berjumlah 2.590 jiwa dari 705 KK yang ada. Penduduk Kampung Banjar Dewa mayoritas adalah suku Jawa yaitu sekitar 60 % dari jumlah penduduk, suku bali 45 % dan suku batak 5%. Secara geografis, Kampung Banjar Dewa berbatasan dengan Kabupaten Tulang Bawang Barat dan beberapa Kampung yang ada di Kecamatan Banjar Agung. Sebelah Timur, berbatasan dengan Kampung Tri Tunggal Jaya dan PKP Jaya. Sebelah Barat, bebatasan dengan Kampung Suka Mulya Tulang Bawang Barat dan Tunggal Warga. Sebelah Utara, bebrbatasan dengan Kampung Banjar Agung. Sebelah Selatan, berbatasan dengan Kampung Way Tello Tubabar dan Panca Mulya.

Mata pencarian penduduk Kampung Banjar Dewa sebagian besar bergerak dibidang pertanian, yaitu petani karet, singkong dan sawit. Petani karet dan singkong merupakan yang paling dominan dilakukan oleh warga, karena komoditi pertanian ini dikatakan lebih mudah dan murah. Dalam hal kehidupan bermasayarakat, di kampung Banjar Dewa tidak pernah terjadi gejolak antar suku dan agama. Kerukunan antar umat agama terjalin sangat baik, saling tolong-menolong dan saling menghargai satu sama lain. Sesuai dengan visi dan misi dari Kampung Banjar Dewa yaitu terwujudnya Kampung yang aman, sejahtera dan mandiri. Keaneka ragaman yang ada di Kampung Banjar Dewa, dapat dijaga melalui kebersamaan tanpa adanya membedakan suku dan agama.

Pembangunan infrastruktur Kampung Banjar Dewa tahun 2017 .(Dok:KBD/Fhoto PBT)

Dalam bidang pembangunan Kampung, dari tahun 2012 pembangunan infrastruktur sudak dilaksanakan guna meunjang perekonomian Kampung Banjar Dewa. Dengan adanya bantuan pemerintah melalui dana desa, pemerintah Kampung membangunan beberapa infastruktur yang membuat Kampung lebih berkembang. Infrastruktur jalan pemukiman Kampung, dari jalan tanah kini sudah banyak yang diunderlagh. Infastruktur pelayanan pemerintah masyarakat sudah berjalan dengan baik walupun, masih adanya kekurangan karena sumber daya manusianya yang terbatas. Dibidang pendidikan, pemerintah kampung berkomitmen pendidikan dimulai dari anak usia dini untuk menjadikan kampung yang maju.

Warga Kampung Banjar Dewa sekarang ini, berharap kepada Pemerintah Kampung agar pembangunan lebih ditingkatkan. Dalam hal Pelayanan Masyarakat, diharapkan lebih cepat dan tepat. Pengelolaan keuangan Kampung lebih ditingkatkan dan transparansi.

(Putu Badew/Tuba)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan