Penyaluran Beras Sejahtera ( Rastra ) Tahun 2018 di Kampung Banjar Dewa

Penyaluran Beras Sejahtera Kampung Banjar Dewa(Dok: KBD/Fhoto Putu.S)

Pemerintah terus meningkatkan kualitas pelaksanaan jaminan pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat tidak mampu, yang selama ini dilaksanakan melalui Program Subsidi Raskin/Rastra. Untuk meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran terkait pelaksanaan Program Subsidi Raskin/Rastra, maka Pemerintah telah menetapkan kebijakan transformasi Program Subsidi Raskin/Rastra menjadi Program Bantuan Sosial Pangan. Program Bantuan Sosial Pangan pada tahun 2018 dilaksanakan melalui Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos astra). Pelaksanaan Program Bantuan Sosial Pangan membutuhkan pemahaman, koordinasi, dan keselarasan dari seluruh jajaran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Pedoman Umum Bansos Rastra ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan keselarasan dalam melaksanakan Program Bansos Rastra.

Tujuan dari Bansos Rastra yaitu Mengurangi beban pengeluaran KPM, melalui pemberian bantuan sosial berupa beras berkualitas medium kepada KPM dengan jumlah/kuantum 10 kg setiap bulannya tanpa dikenakan harga/biaya tebus. Sedangkan manfaat dari Bansos Rastra yaitu Peningkatan ketahanan pangan di tingkat KPM, sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan. Peningkatan akses pangan baik secara fisik (beras tersedia di TD/TB), maupun ekonomi (disalurkan tanpa dikenakan harga/biaya tebus) kepada KPM. Sebagai pasar bagi hasil usaha tani padi, Stabilisasi harga beras di pasaran, Pengendalian inflasi melalui intervensi Pemerintah dan menjaga stok pangan nasional serta Membantu pertumbuhan ekonomi di daerah.

Penyerahan Rastra secara simbolis oleh Kepala Kampung Banjar Dewa Asri Susilowati (Kiri) didampingi oleh Ketua TKSK Banjar Agung Rismayanti (Jilbab Pink )(Dok: KBD/Fhoto Putu.S ),

Hari ini Rabu (24/01/2018), dilaksanakan pembagian beras Rastra di Kampung Banjar Dewa Kecamatan Banjar Agung. Pembagian beras Rastra hari ini mengacu pada Pedoman Umum pembagian Rastra tahun 2018. Pembagian beras Rastra hari ini dipandu oleh Ketua TKSK Kecamatan Banjar Agung Ibu Rismayanti, S.Kom dan anggota IPSM Kampung Banjar Dewa. Sebelum dilaksanakan pembagian beras Rastra, KPM atau penerima manfaat berkumpul di Balai Kampung Banjar Dewa untuk diberikan informasi mengenai perubahan cara atau sistem pembagian beras rastra di tahun 2018 ini. Jumlah Penerima Rastra tahun 2018 untuk kampung Banjar Dewa berjumlah 77 KPM, yang masing-masing KPM menerima Rastra sebanyak 10 Kg.

Dalam sambutannya Ketua TKSK Banjar Agung menginformasikan kepada warga penerima Rastra, bahwa Penyaluran beras Rastra di tahun 2018 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Di tahun sebelumnya, penyaluran beras Rastra setiap penerima manfaat beras rastra mendapatkan 15 Kg setiap bulan dengan menebus Rp. 1.600 per kilogramnya. Untuk penyaluran beras Rastra tahun 2018, tidak dipungut biaya sama sekali. Ini sesuai dengan pedoman pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang mengeluarkan Pedoman Umum tentang Bantuan Sosial Beras Sejahtera Tahun 2018. Data penerima rastra tahun 2018, merupakan data yang dikeluarkan oleh Dinas sosial Kabupaten Tulang Bawang, ungkap Ketua TKSK Banjar Agung Rismayanti.

Ketua TKSK Banjar Agung Rismayanti sedang memberikan penjelasan mengenai mekanisme, tujuan dan manfaat rastra kepada warga KPM.(Dok:KBD/Fhoto Putu.S)

Setelah memberikan sambutan Ketua TKSK Rismayanti dan Kepala Kampung Banjar Dewa Asri Susilowati, memberikan Rastra kepada Warga penerima secara simbolis. Setelah pemberian secara simbolis, penyaluran Rastra selanjutnya akan di salurkan langsung oleh PSM Kampung Banjar Dewa. Secara tertib PSM memanggil satu persatu warga penerima rastra, dengan tujuan penerima benar-benar yang sudah ada didata penerima rastra. Warga penerima rastra dengan penuh kesabaran menunggu giliran untuk di panggil namanya, karena warga merasa senang dan bahagia dengan adanya bantuan Rastra ini. Dengan adanya rastra ini, sedikit banyak telah membantu warga yang kurang mampu dalam hal ekonomi.

Setelah adanya penyaluran Rastra hari ini, diharapkan dapat membantu beban KPM Kampung Banjar Dewa lebih sejahtera. selain itu, penyaluran rastra berikutnya agar dapat mencapai warga KPM yang lebih banyak lagi. Rastra yang sudah diterima oleh KPM, untuk digunakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

(Putu Badew/Tuba)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan