PPDP Kampung Banjar Dewa Melaksanakan Coklit Pemilih Dalam Pilkada Lampung 2018

Petugas PPDP Kampung Banjar Dewa pada saat coklit di Rumah Kepala Kampung Banjar Dewa.(Dok: KBD/Fhoto Iin)

Banjar Dewa-Banjar Agung(Tuba,20/01/2018): PPDP adalah petugas yang ditunjuk oleh PPS atas nama Ketua KPU Kab/Kota, untuk membantu PPS dalam melakukan pemutakhiran data pemilih. Setiap PPDP bertugas untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) terhadap data pemilih pada 1 TPS yang ada di Kampung Masing-masing. Proses pemutakhiran data ini juga sekaligus proses penyisiran, Jika ditemukan warga yang belum merekam KTP-el petugas akan mengarahkan warga untuk segera melapor ke kecamatan. Petugas PPDP merupakan ujung tombak KPUD Tulang Bawang dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, Oleh karena itu PPDP sangat penting perannya dalam proses penyusunan daftar pemilih.

Himbauan dari Ketua KPUD Tulang Bawang, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) diminta untuk mencatat setiap temuan dalam kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit). Mendatangi setiap warga untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih dan Mencatat adanya perbaikan/pengurangan/penambahan data pemilih (baik untuk daftar pemilih sementara maupun Daftar pemilih perbaikan). Kalau kemudian nanti ada pemilih yang belum punya KTP atau KTP-nya belum KTP elektronik, menjadi kewajiban KPU untuk menyelesaikan itu bekerja sama dengan pemerintah maupun pemerintah daerah. Prinsipnya, semua warga negara yang sudah punya hak pilih, wajib hukumnya terdaftar sebagai pemilih.

Dalam rangka melaksanakan pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) serentak tahun 2018, Panitia Pemuktakhiran Data Pemilih (PPDP) Kampung Banjar Dewa sudah melakukan Pencocokan dan Penelitian (coklit) data pemilih dimulai pada tanggal 20/01/2018. Dalam melakukan coklit, PPDP di haruskan melakukan coklit secara door to door kerumah warga yang akan di coklit. Peran PPDP sangat penting, baik dan buruknya DPT Pilkada 2018 sangat bergantung kepada kinerja PPD di lapangan. Jika PPDP bekerja secara optimal dalam proses verifikasi factual, maka DPT Pilkada 2018 diharapkan akan lebih akurat dan berkualitas. Kegiatan coklit ini tidak hanya mendata pemilih saja. Lebih dari itu, dalam kegiatan coklit petugas PPDP juga melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis keluarga. Oleh karena itu, metode door to door wajib dilakukan.

Petugas PPDP sedang melaksanakan coklit di rumah salah satu warga Kampung Banjar Dewa, dengan mencocokan DP4 dengan identitas yang dimiliki oleh warga yang didata.(Dok: KBD/Fhoto Iin )

seperti yang dikatakan oleh anggota KPU, Petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) diimbau untuk melaksanakan tugasnya melakukan pencocokan dan penelitian ( coklit) secara benar dan sungguh-sungguh. sungguh-sungguh mendatangi rumah ke rumah setiap warga dan melaksanakan prosedur ini dengan benar, Mencatat yang harus dicatat dan Mencoret yang harus dicoret. Petugas PPDP tidak diperkenankan untuk meninggalkan data yang digunakan untuk proses coklit di rumah warga. Dengan harapan, agar warga itu sendiri yang mengisi datanya. apabila coklit pilkada serentak ini berhasil, maka akan menghasilkan data pemilih tetap yang rapi. Data pemilih tetap di Pilkada 2018 yang rapi akan akan tersenggaranya pilkada yang aman damai dan tentram, Ungkap Anggota KPU itu.

PPDP Kampung Banjar Dewa, akan melaksanakan coklit dimulai dari tanggal 20 Januari 2018 sampai dengan tanggal 19 Februari 2018. Petugas PPDP Kampung Banjar Dewa, berjumlah 4 orang yang mewakili 4 Tempat Pemungutan Suara ( TPS ) yang ada di Kampung Banjar Dewa dalam pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) pada tanggal 27 juni 2018 mendatang. PPDP dengan dibantu oleh PPS dan sekretariat PPS Banjar Dewa, akan melakukan coklit dari rumah kerumah warga seseuai dengan jadwal yang telah disepakati. Hasil pencoklitan yang dilakukan oleh PPDP, akan dilaporkan secara berkala kepada PPS Banjar Dewa agar memudahkan pada saat proses pemuktakhirannya menggunakan Kompouter. Karena selain cara manual, data hasil coklit akan di input menggunakan komputerisasi untuk penyortiran data pemilih sesuai dengan keterangan dari hasil coklit yang dilakukan oleh PPDP.

Petugas PPDP memasang Form Model A.A.2-KWK, setelah selesai melakukan coklit data pemilih di rumah Kepala Kampung Banjar Dewa.(Dok: KBD/Fhoto Iin)

PPDP Kampung Banjar Dewa, melakukan pencoklitan pertama dimulai dari rumah Kepala Kampung Banjar Dewa sebagai tanda resminya pelaksanaan coklit oleh ptugas PPDP. Pada saat pencoklitan dirumah Kepala Kampung Banjar Dewa, petugas PPDP didampingi oleh Komisoner KPUD Tulang Bawang, PPK Kecamatan Banjar Agung dan Ketua PPS Kampung Banjar Dewa. dalam proses pencoklitan itu, petugas PPDP akan mencocokan data warga dengan data yang ada di DP4 dari KPUD Tulang Bawang. Sesuai dengan tugasnya, PPDP harus benar-benar memeriksa identitas yang dimiliki oleh calon pemilih agar data yang dihasilkan lebih berkualitas. Selanjutnya petugas PPDP dalam melaksanakan coklit, akan selalu didampingi oleh PPL, PPS dan sekretariat PPS Kampung Banjar Dewa dengan tujuan selalu dapat berkoordinasi apabila ada hal-hal yang tidak dimengerti.

Provinsi Lampung, merupakan salah satu Provinsi yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak pada tanggal 27 Juni 2018. Diharapkan pencoklitan data warga, dapat dilaksanakan oleh Petugas PPDP secara benar dan teliti. Demi tercapainya data pemilih yang akurat dan sesuai dengan hak setiap warga dalam menentukan pemimpin daerahnya. Dalam melakukan coklit, petugas PPDP diharapkan bersikap ramah dan sopan dengan warga.

( Putu Badew/Tuba)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan