Perjuangan Relawan TIK untuk Mengembangkan SiDeKa dan Website Kampung Di Kecamatan Banjar Agung

Dana Putra Yuda( Kaos Hitam ) Fhoto Bersama dengan operator Kampung Sekecamatan Banjar Agung(Dok: Pribadi).

Banjar Dewa-Banjar Agung(Tuba,17/01/2018) : Lahirnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang menyebutkan bahwa perencanaan pembangunan desa didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh sebab itulah desa membutuhkan cara yang sepenuhnya baru, yang di dalam hal ini akan dikembangkan dengan sebuah sistem yang dinamai Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa). Istilah SiDeKa sangat asing bagi kebanyakan orang, karena istilah SiDeka hanya di gunakan dalam ruang lingkup Pemerintahan Kampung saja. Program SiDeKa merupakan program pengembangan dari BP2DK yang bekerjasama dengan Kominfo Tulang Bawang, yang tujuan dikembangkannya SiDeKa adalah untuk mempermudahkan Kampung dalam mengolah data dan mengelola informasi Kampung.

Program Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SiDeKA), dapat mendorong prakarsa ide desa dengan memperkuat akses informasi desa. Sebagai bentuk inter-koneksitas dalam pengelolaan sumber daya, yang saling membutuhkan sebagai modal membangun kawasan strategis pertumbuhan ekonomi untuk membangun kesejahteraan desa. Untuk mengembangan ekonomi diperdesaan harus dipastikan terjadinya peningkatan basis dukungan modal, akses produksi, akses distribusi, dan akses pasar bagi rakyat sehingga menciptakan pertumbuhan baru ekonomi di desa-desa.

Mas Dana Putra Yuda( Kedua Dari Kanan) saat memberikan pelatihan Sideka untuk pertama kalinya untuk Operator Sideka.(Dok: FB-DPY).

Diprakarsai oleh BP2DK dan Relawan TIK, Program SiDeka dapat menjadi Mitra Kampung di Kecamatan Banjar Agung. Relawan TIK Dana Putra Yuda pemuda asal Kampung Moris Jaya Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang ini, mampu memotivasi para operator Kampung untuk mengembangkan dan menerapkan Program SiDeKa di Kecamatan Banjar Agung. Dengan penuh tanggungjawab dan kesabaran pemuda yang akrab dipanggil Dana ini, memberikan pelatihan tentang materi penggunaan SiDeKa untuk semua Operator Kampung yang ada di Kecamatan Banjar agung. Dengan tujuan agar SiDeKa di Kecamatan Banjar Agung menjadi lebih berkembang dan lebih maju dari Kecamatan lain, mengingat dan merasa diri sebagai pemuda Kampung Mas Dana terdorong untuk membangun Kampung berbasis web.

Awal pengenalan program SiDeKa, Mas Dana memulai dari pelatihan di Toko Rumah Computer ( Rucom ) tempat yang kecil dan sempit yang biasa digunakan untuk private computer. Di Toko ini lah, para operator Komputer setiap Kampung berkumpul yang dikoordinir oleh Badar dan Suroto. Selain rucom sebagai tempat pelatihan, Balai Kampung yang ada di kecamatan Banjar Agung menjadi tempat alternative lain untuk mas dana memberikan materi SiDeKa. Prinsip yang dipegang oleh Mas Dana yaitu hanya dengan bermodalkan niat dan semangat dari para operator Kampung, Program SiDeka akan menjadikan Kampung lebih maju dan baik dalam mengolah data administrasi Kampung.

Mas Dana Putra Yuda menembus beratnya medan jalan untuk memberikan materi Sideka di Kecamatan Gedung Aji Baru(Dok: FB-DPY)

Seperti yang dikatakan oleh mas Dana, tidak perlu gedung yang mewah dan biaya yang mahal untuk memberikan materi dalam pelatihan dan hasilnya belum tentu maksimal. Modal utama dalam mengembangkan SiDeKa adalah semangat dan niat, karena dengan kedua hal tersebut kita dapat mencapai apa yang menjadi tujuan sebenarnya. Dengan terus belatih dan menulis, niscaya akan dapat mengembangkan SiDeka di Kecamatan Banjar Agung yang lebih baik dan maju. Dengan sering menginformasikan potensi dan kabar Kampung lainnya, akan lebih memudahkan kampung-kampung lain yang ada di Indonesia dapat melihat kampung di Kecamatan Banjar agung melalui website Kampung yang sudah dimiliki, Jelas Mas Dana.

Tidak hanya di kecamatan Banjar Agung, Mas Dana juga memberikan bimbingan pelatihan SiDeKa untuk kecamatan Banjar Margo, Rawajitu Timur, Banjar Baru dan Gedung Aji Baru. Karena kecintaan Mas Dana dengan Teknologi Informasi, yang membuat tekad mas Dana untuk meningkatkan mutu teknologi informasi di Kabupaten Tulang Bawang yang merupakan Kabupaten di Mana Mas Dana berdomisili lebih baik dan maju. Perjuangan mas Dana untuk SiDeKa patut di apresiasi, mengingat jasa dan keiklasan hatinya yang tidak kenal Lelah siang maupun malam untuk memberikan pelatihan SiDeKa di Kecamatan Banjar Agung. Dengan tangan dingin dan pengetahuan yang dimiliki mas Dana, menjadikan Operator Kampung di Kecamatan Banjar Agung menjadi lebih berkompenten dan dijadikan contoh untuk Kampung-Kampung lain yang ada di Kabupaten Tulang Bawang.

Mas Dana Putra Yuda saat memberikan pelatihan program Sideka untuk Operator Kampung di Kecamatan Banjar Margo(Dok: FB-DPY)

Harapan dari Operator Kampung khusus untuk Program SiDeKa kedepan, semua Kepala Kampung memberikan ruang yang lebih Kepada Semua Operator Kampung yang ada di Kecamatan Banjar Agung dalam mengembangkan Program SiDeKa. Majunya suatu Kampung selain pembangunan, didasarkan juga pada kemajuan dari teknologi dan informasi Kampung melalui SiDeKa dan website Kampung.

(Putu Badew / Tuba)

1 Comment

Tinggalkan Balasan