Kader Kesehatan Menyelenggarakan Posyandu Ibu Hamil, Balita dan Lansia

Kader Posyandu, Tim medis dari Puskesmas dan ibu hamil fhoto bersama dengan Kepala Kampung Banjar Dewa.(Dok: Kampung/Fhoto Suwarni)

Banjar Dewa-Banjar Agung, (Tuba,17/01/2018): Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari, dan bersama masyarakat. Posyandu bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi, anak balita dan lansia. Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu tidak semata-mata tanggungjawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk kader kesehatan yang ada diseyiap Kampung. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Senin 15 Januari 2018 Kader Kesehatan Kampung Banjar Dewa, menyelenggarakan Posyandu Ibu Hamil, Posyandu Balita dan Posyandu Lansia, dimana kegiatan ini dilakukan rutin setiap bulannya dengan tujuan memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Banjar Dewa. Dalam pelaksanaannya, Kader Posyandu akan didamping oleh Bidan Desa dan tenaga medis dari Puskesmas Banjar Agung. Selain pemeriksaan kesehatan, diselenggarakan juga penyuluhan tentang cara menjaga kesesehatan dan tentang bahaya-bahaya yang dapat menimbulkan resiko bagi ibu hamil dan bayi. Keberhasilan pengelolaan Posyandu memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak baik dukungan moril, materil, maupun finansial. Selain itu diperlukan adanya kerjasama, tekanan dan pengabdian para pengelolanya termasuk kader. Apabila kegiatan Posyandu terselenggara dengan baik akan memberikan kontribusi yang besar, dalam menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan anak balita.

Bidan Desa Suwarni dedy, sedang memberikan penyuluhan tentang pentingnya kesehatan untuk Ibu Hamil saat Posyandu Bumil Di Balai Kampung Banjar Dewa.( Dok: Kampung/Fhoto Suwarni)

Kegiatan Posyandu Ibu hamil adalah untuk mengetahui jumlah ibu hamil di Kampung Banjar Dewa, agar dapat memantau Kesehatan Ibu hamil dan Janinnya. Kegiatan yang menjadi program Pemerintah ini, bertujuan menurunkan angka kematian Ibu dan Bayinya yang harus ditanggulangi oleh pemerintah. Kegiatan posyandu Ibu Hamil Kali ini, melakukan beberapa pemeriksaan diantaranya Pemeriksaan Darah, kesehatan janin dalam kandungan, pemberian Vitamin dan pemberian sayuran untuk kesehatan ibu hamil. selain itu, pihak kesahatan juga memberikan Vaksinasi untuk ibu hamil untuk menjaga kekebalan tubuh janin dalam kandungan.

Pada hari itu, kader posyandu juga melaksanakan pemeriksaan untuk balita dan dan warga yang lanjut usia. Posyandu Balita bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan, pemantauan dan pertumbuhan Balita, baik secara Jasmani maupun rohani. Kegiatan yang dilakukan dalam pemeriksaan Balita meliputi pengukuran berat bada, tinggi badan, pemberian vitamin dan imunisasi. Dengan dilakukannya pemantauan secara rutin dan berkala dapat diketahui bagaimana proses pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga dapat ditentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan anak balita.

Fhoto bersama Kepala Kampung,Kader Posyandu,Bidan Desa dan Para Lansia, setelah selesai pemeriksaan Kesehatan untuk lansia oleh Kader Posyandu Kampung Banjar Dewa.(Dok: Kampung/Fhoto Suwarni)

selain pemeriksaan ibu hamil dan Balita, Kader Posyandu bersama bidan Desa dan tim Kesehatan Puskesmas Banjar Agung melaksanakan pemeriksaan kesehatan lansia. Posyandu lansia merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat ( UKBM ), yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan dari masyarakat lansia. Kegiatan Posyandu Lansia bertujuan untuk meningkatkan kesehatan lansia di masyarakat kampung Banjar Dewa, sehingga terbentuknya pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia. Selain meningkatkan kesehatan lansia, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan dan meningkatkan komunikasi dengan masyarakat yang lanjut usia.

seperti yang dijelaskan oleh satu tim kesehatan puskesmas Banjar Agung, bahwa pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan akan menurunkan resiko-resiko kesehatan yang timbulkan. pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh ibu hamil, akan meningkatkan kesehatan baik untuk si ibu maupun si janin. Dengan menkonsumsi sayuran hijau setiap hari, yang merupakan sumber zat besi akan membuat ibu hamil tidak kekurangan zat besi. selain menkonsumsi zat besi yang banyak, olah raga yang teratur akan membuat kesehatan ibu dan janin terjaga. Untuk ibu-ibu yang mempunyai balita, harus lebih memperhatikan pola makan anaknya agar anak tidak mudah terkena penyakit. selain itu, tenaga medis juga meminta agar para lansia yang ada di Kampung Banjar Dewa untuk dapat memeriksakan kesehatannya di posyandu yang diselenggarakan di balai Kampung secara rutin,tutur tenaga medis tersebut.

Posyandu yang dilaksanakan, diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat Banjar Dewa untuk memeriksakan kesehatannya. Kader posyandu diharapkan bisa lebih meningkatkan lagi dalam mendata masyarakat baik Ibu Hamil, Balita dan Lansia yang ada di Kampung Banjar Dewa agar menjadikan masyarakat Banjar Dewa yang sehat.

(Putu Badew/Tuba)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan