Musyawarah Rencana Pembangunan Taman Hijau Terbuka Di Kampung Banjar Dewa

Sudirman. SH Camat Banjar Agung(Tengah) Narasumber Musyawarah Rencana Pemabangunan Taman Hijau Terbuka Kampung Banjar Dewa. ( Dok: Kampung/Fhoto Ely)

Banjar Dewa-Banjar Agung(Tuba,09/01/2018): Menindak lanjuti Informasi yang disampaikan langsung oleh Bapak Camat Banjar Agung Sudirman.SH kepada Kepala Kampung Banjar Dewa, tentang adanya Rencana Kampung Banjar Dewa yang akan dijadikan daerah pembangunan Taman Hijau Terbuka. Maka Untuk menindaklanjuti informasi tersebut, Pemerintah Kampung Banjar Dewa melaksanakan Musyawarah Kampung pada tanggal 09/01/2018 bertempat di Balai Kampung Banjar Dewa. Tujuan dilaksnakannya rapat ini, adalah untuk mendapatkan persetujuan dari semua elemen warga yang ada di Kampung Banjar Dewa.

Hadir dalam rapat tersebut Camat Banjar Agung Sudirman.SH , Kepala Kampung Asri Susilowati, Ketua BPK Kampung Banjar Dewa Heri Sulisno dan semua elemen masyarakat yang ada di Kampung Banjar Dewa. Pembahasan pokok dalam rapat tersebut, bagaimana respon masyarakat dengan adanya rencana pembangunan Taman Hijau Terbuka di Kampung Banjar Dewa. Serta pembahasan tentang sumber dana dan lokasi, yang akan dipergunakan dalam pelaksanaan pembangunan tersebut.

Asri Susilowati dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang melalui Camat Banjar Agung. Kepala Kampung mengatakan tidak pernah menyangka, bahwa Kampung Banjar Dewa akan dijadikan sebagai daerah pembangunan Taman Hijau Terbuka Kabupaten Tulang Bawang. Dikesempat itu juga, Asri Berharap pembangunan ini benar-benar terlaksana di Kampung Banjar Dewa. Kepala Kampung juga mengajak kepada semua yang hadir dalam musyawarah tersebut, untuk dapat menjdaikan momentum sebagai jembatan membangun Kampung Banjar Dewa yang lebih baik, ungkap Asri.

Sambutan Kepala Kampung Asri Susilowati( Jilbab Pink ) dalam musyawarah Rencana Pembangunan Taman Hijau terbuka Kampung Banjar Dewa 09/01/2018 ( Dok: Kampung/Fhoto Ely)

Program rencana pembangunan Taman Hijau Terbuka tersebut, direspon positif oleh masyarakat Kampung Banjar Dewa. Seperti yang dikemukakan oleh salah satu Tokoh Masyarakat yang hadir pada musyawarah tersebut, yaitu Bapak Wayan Suare. Wayan Suare mengatakan pada awalnya program ini, adalah program yang sangat baik untuk kemajuan Kampung Banjar Dewa. Jika program ini benar terwujud nantinya, ini merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi Kampung Banjar Dewa Khususnya. Dengan adanya Taman Hijau Terbuka ini, akan dapat menjadikan Kampung Banjar Dewa lebih berkembang dan maju, Papar Wayan Suare.

Camat Banjar Agung Sudirman,SH menjelaskan, tentang Apa,Bagaimana,dimana dan kapan rencana pembangunan Taman Hijau Terbuka tersebut dilaksanakan. Menurut rencana lokasi yang dijadikan sebagai tempat pemabangunan Taman Hijau Terbuka tersebut adalah Lapangan Kampung Banjar Dewa. Sebagai gantinya, Lapangan yang dijadikan pembangunan akan di carikan tempat lain. Rencana Pembangunan ini, adalah program dari Pemerintah Daearah Kabupaten tulang Bawang. Adapun sumber dana yang akan digunakan dalam pembangunan tersebut adalah Aggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD ) bukan dari Anggaran Kampung. Mekanisme dan teknis pelaksanaan dari pembagunan tersebut, akan di kerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tulang Bawang.

Dijelaskan pula oleh Sudirman.SH, bahwa selain dari Kampung Banjar Dewa ada Kampung lain sebagai kandidat dijadikan tempat pembagunan Taman Hijau Terbuka tersebut. Kampung yang dimaksud yaitu Kampung Tunggal Warga, tetapi Bupati Tulang Bawang Ibu Hj. Winarti.SH.MH memilih Kampung Banjar Dewa sebagai alternatif pertama. Pembangunan Taman Hijau Terbuka ini dapat dibangun di Kampung Banjar Dewa, harus melalui musyawarah dan mendapat persetujuan dari semua masyarakat Kampung Banjar Dewa. Menurut rencana sebagai langkah awal, Tim dari Kabupaten yang bertindak dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum akan mensurvei lokasi. Tim tersebut rencananya, akan datang pada kamis tanggal 11/01/2017 ke Banjar Dewa, jelas Camat Banjar Agung.

Penjelasan Camat Banjar Agung,tentang rencana Pembangunan Taman Hijau Terbuka di Banjar Dewa.( Dok: Kampung/Fhoto Preti)

Setelah mendapat penjelasan dari dari Camat Banjar Agung dan melalui pembahasan, semua masyarakat yang hadir dalam musyawarah itu menyetujui rencana pembangunan Taman Hijau Terbuka tersebut. Siap mendukung program pembangunan Taman Hijau dimaksud, yang lokasi pembangunannya di lapangan Banjar Dewa. Dilihat dari aspek masyarakat, pembangunan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kampung Banjar Dewa. Dengan adanya Taman Hijau Terbuka ini, akan menambah peluang warga untuk melakukan suatu usaha untuk meningkatkan perekonomian warga.

Warga Kampung Banjar Dewa, berharap semoga program ini dapat cepat terlaksana pembangunannya. Warga Kampung Banjar Dewa ingin menjadikan Taman Hijau Terbuka ini sebagai ikon Kampung Banjar Dewa. Dengan tujuan, agar Kampung Banjar Dewa lebih dikenal Masyarakat yang ada di luar Kabupaten Tulang Bawang.

(Putu.S/Badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan