Buah Berkhasiat Yang Terabaikan Oleh Orang

Pohon Seri yang Tumbuh di halaman Rumah Warga.( Dok: Kampung/Fhoto Putu.S )

Banjar Dewa-Tulang Bawang,05/12/2107 : Tidak banyak orang yang tahu, bahwa Buah dan Daun dari tanaman ini memiliki khasiat untuk kesehatan. Tanaman yang banyak dijumpai di pingir jalan ini, sering kali dikenal dengan sebutan tanaman Kersen,Talok dan ada pula yang menamainya buah seri. Tanaman Kersen memiliki buah kecil berbentuk bulat, Jika Matang buahnya akan berwarna merah dan hijau apabila masih mentah. Pohon Kersen tumbuh tidak begitu tinggi, berkisaran antara 3 samapi 4 meter.

Tumbuhan Kersen merupakan tumbuhan liar, yang dapat hidup di iklim tropis dan iklim panas. kebanyakan orang menjadikan Pohon Kersen, sebagai peneduh dari teriknya panas sinar matahari. Pohon kersen yang tumbuh memiliki daun yang rindang, menyerupai seperti tumbuhan pohon beringin jadi sangat sejuk untuk berteduh dibawah pohon ini. Ada pula sebagian orang menjadikan pohon Kersen sebagai tanaman hias, dihalam rumah mereka. Tetapi sedikit orang yang mengetahui, bahwa pada buah dan daun Kersen tersimpan manfaat yang begitu baik untuk kesehatan.

Buah Kersen, yang memiliki khasiat begitu besar untuk kesehatan.(Dok: Kampung/Fhoto Putu. S)

Di Masyarakat Pedesaan, Manfaat dari Buah dan Daun Kersen kurang yang megetahuinya. Contoh Di Kampung Banjar Dewa, Tanaman Kersen tidak begitu populer dikalangan warga. Tanaman Kersen sering kali diabaikan keberadaannya oleh warga, Jadi tidak heran apabila banyak warga Banjar Dewa yang tidak tahu akan manfaat buah dan daun kersen. menurut warga Kampung Banjar Dewa, buah dari tanaman kersen tidak mempunyai nilai jual ekonomis. Faktor ekonomis tersebutlah yang menjadikan tanaman kersen, dipandang sebelah mata oleh warga Kampung Banjar Dewa.

Seperti yang dijelaskan oleh Bapak Dian, Warga Kampung Banjar Dewa tidak berminat untuk menanam pohon kersen. Tanaman kersen kalah pupoler dari tanaman buah lainnya seperti Kelenkeng, Rambutan dan mangga. Tanaman kersen kurang diminati, karena buah dari kersen tidak dapat dijual dipasaran. lain halnya dengan tanaman buah lainnya, yang hasil buahnya dapat dijual dipasaran. Warga Kampung Banjar Dewa, belum pernah ada yang tahu apabila buah dan daun kersen bisa bermanfaat untuk mencegah penyakit. Tanaman kersen yang dimiliki warga, hanya sekedar di jadikan tempat untuk ngaso/santai di sore hari saja, tutur Bapak Dian.

Dilihat dari segi ekonomi, memang buah kersen tidak begitu menguntung bagi masayarkat. Apabila dilihat dari segi kesehatan, buah kersen mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Buah dan Daun Kersen, banyak dimanfaatkan kegunaanya dalam pengobatan Tradisional( Herbal ). Karena orang-orang yang tahu tentang ilmu pengobatanlah, tahu akan manfaat dari buah dan daun kersen. Proses dalam pengolahan menjadi obat tidaklah begitu sulit, Cukup di olah secara tradisional akan terasa manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Daun Kersen, ada khasiat tersembunyi dan sering diabaikan orang.(Dok: Kampung/Fhoto Putu. S)

Manfaat dari buah kersen diantaranya sebagai pencegah Asam urat dan antibiotik. Pengobatan alternativenya adalah dengan memakan buah Kersen secara rutin untuk menghilangkan nyeri akibat asam urat tersebut. Selain Buah, Daun tanaman kersen pun memiliki banyak khasiat. Khasiat dari daun Kersen yaitu melindungi jantung. Cara pengobatan hanya dengan merebus daun kersen, kemudian minum air hasil dari rebusan tersebut.

Ternyata manfaat buah Kersen ini, tidak sekecil dari penampakan buahnya. Buah Kersen, memiliki manfaat yang jauh lebih besar untuk kesehatan tubuh kita. Jadi jika Anda memiliki buah seri di rumah, ada baiknya untuk sering-sering memakannya untuk kesehatan. Jangan pernah anda untuk berfikir untuk menyepelekan buah kecil ini, yang hanya menjadi makanan bagi burung liar.

(Putu. S/ Badew )

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan