Pelaksanaan Musyawarah Kampung Untuk Rencana Pembangunan Kampung Banjar Dewa Tahun 2018

Pelaksanaan Muskam Banjar Dewa Tanggal 28/12/2017. (Dok: Kampung/fhoto Putu.S)

Banjar Dewa-Tulang Bawang,02/01/2018 : Musyawarah Kampung ( Muskam ), merupakan kegiatan musyawarah tertingi yang dilaksanakan di tingkat Kampung. Musyawarah Kampung merupakan kegiatan yang mempertemukan berbagai elemen masyarakat, baik yang berbasis kepentingan maupun kewilayahan. Musyawarah Kampung, dilaksanakan untuk membahas dan mengambil keputusan atas rencana strategis yang terjadi di Kampung. Hasil musyawarah Kampung, menjadi dasar bagi BPK dan Pemerintah Kampung untuk menetapkan kebijakan Pemerintah Kampung.

Sesuai dengan UU Nomor 6 tahun 2014 pasal 54, memberikan pedoman penyelenggaraan musyawarah Kampung. Musywarah Kampung, dilaksanakan selambat-lambatnya satu kali dalam setahun. BPK menjadi lembaga yang bertugas menyelenggarakan musyawarah Kampung, dengan dukungan anggaran dari APBKam. Musyawarah Kampung harus dipersiapkan dengan baik, agar menghasilkan keputusan-keputusan yang bermutu dan merakyat.

Pemaparan oleh Ketua BPK Banjar Dewa, Bapak Heri Sulisno tentang maksud dan tujuan Muskam. ( Dok: Kampung/Fhoto Putu. S )

Berpedoman pada UU Nomor 6 tahun 2014 pasal 54 tersebut, maka pemerintah Kampung dan BPK Banjar Dewa menyelenggarakan Musyawarah Kampung. Musyawarah Kampung Banjar Dewa, dilaksanakan pada hari selasa 28 Desember 2017 bertempat di Balai Kampung. Hadir pada musyawarah tersebut Semua Anggota BPK, Bhabinkamtimmas,Pendamping Desa, Kepala Kampung, Sekkam ,Aparatur Kampung, LPMK dan Tokoh Msayarakat. Pada musayawarah tersebut juga dilaksanakan penbentukan tim RPJMKam, yang nantinya akan merumuskan rencana pembangunan yang diusulkan oleh masayarakat.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kampung Banjar Dewa mengajak kepada semua elemen masyarakat yang hadir untuk dapat meberikan usulan tentang pembangunan apa yang harus dilaksanakan di tahun 2018 ini. Mengajak semua elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam pembangunan Kampung, untuk menuju Kampung yang lebih maju. Pembangunan Kampung yang terintegrasi, akan membawa kearah pembangunan yang bermutu. Keluhan dan kebutuhan masyarakat, adalah merupakan faktor utama dalam memajukan pembangunan disetiap Kampug, papar Kepala Kampung.

Aparatur Kampung dan para tokoh masyarakat, yang hadir pada pelaksanaan Muskam tanggal 28/12/2017. ( Dok: Kampung/Fhoto Putu.S)

Setelah melalui beberapa pembahasan, maka dalam musyawarah tersebut diambil keputusan pembangunan di Kampung Banjar Dewa. Sesuai dengan usulan dari masing-masing RK dan tokoh masyarakat, bahwa pembangunan di Kampung Banjar Dewa diprioritaskan pada bidang infastruktur. Prioritas pembangunan tersebut yaitu pembangunan talut, pembangunan gorong-gorong dan pembngunan jalan Kampung. Hasil keputusan musyawarah tersebut, akan dirumuskan oleh tim RPJMKam. Tim RPJMKam akan memprioritaskan dilingkungan RK mana, yang akan diprioritaskan pelaksanaan pembangunannya untuk tahun 2018 nanti.

Dengan disepakatinya hasil musyawarah tersebut, diharapkan pembangunan tersebut dapat dianggarkan dan dilaksanakan. Demi terwujudnya Kampung yang maju dan arah pembangunan yang baik. Agar tercapainya perekonomian masyarakat Kampung Banjar Dewa yang bik dan sejahtera.

( Putu.S/Badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan