Penyerapan Dana Desa ( DD ) Dalam Bidang Pembangunan Di Kampung Banjar Dewa

Pembangunan Kampung Banjar Dewa yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2017

Banjar Dewa-Tulang Bawang, 24 Desember 2017 : Setiap pembangunan yang dilaksanakan oleh Kampung Banjar Dewa, mengacu pada anggaran yang sudah ditetapkan. Penyerapan Dana Desa dalam bidang pembagunan di Kampung Banjar Dewa, diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur yang dapat menunjang kegiatan perekonomian dan pendidikan warga. Pada pelaksanaan teknis pembangunan yang dilaksanakan, semuanya berada di bawah koordinator Kaur Pembangunan dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPMK ) Kampung Banjar Dewa.

Pada tahun anggaran 2017 ini, Kampung Banjar Dewa melaksanakan pembangunan yang menggunakan Dana Desa membangun 2 pos pembangunan baru dan 1 pos perbaikan. Pembangunan baru dan perbaikan pos tersebut yaitu :

1.Pembangunan Gedung PAUD
Pembangunan yang berlokasi di RK 04 RT 03 menggunakan Dana Desa, dengan besar anggarannya yaitu Rp. 134.482.100. Bangunan ini memiliki ukuran Panjang 7 meter, lebar 4 meter dan tinggi 3,75 meter. Pembangunan Gedung PAUD ini, selesai dibangun pada bulan November tahun 2017. Tujuan Pembangunan Gedung PAUD ini, adalah untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini di Kampung Banjar Dewa.

Gedung PAUD Kampung Banjar Dewa, Lokasi RT 03 RK 04(Dok: Desa / Fhoto Ketut Asil )

2.Pembangunan Jembatan
Pembangunan yang berlokasi di RK 03 RT 01 menggunakan Dana Desa, dengan besar anggaran yaitu Rp. 74. 828.550. Bangunan Jembatan ini memiliki ukuran panjang 5 meter dan lebar 2,5 meter. Pembangunan Jembatan ini, diselesaikan pada bulan November 2017. Tujuan pembangunan Jembatan ini, adalah untuk mempermudah aktivitas antara Warga Kampung Banjar Dewa dan Warga Kampung Banjar Dewa.

Jembatan Penghubung Antara Banjar Dewa dengan Banjar Agung (Dok: Desa/Fhoto Ketut Asil)

3.Perbaikan Jalan Kampung
Perbaikan Jalan yang berlokasi di RK 04 RT 03 menggunakan Dana Desa, dengan besar anggaran yaitu Rp. 82. 367. 920. Perbaikan Jalan sepanjang 300 meter ini, merupakan jalan utama Kampung Banjar Dewa yang menuju ke RK 05. Selain dilakukan perbaikan jalan, dibangun juga gorong-gorong yang menuju kearah peladangan warga. Tujuan diperbaiki jalan ini, adalah untuk mempermudah akses warga Kampung Banjar Dewa yang akan mmengeluarkan hasil pertanian para warga.

Jalan Kampung setelah dilakukannya perbaikan (Dok: Desa/Fhoto Putu.S)

Seperti yang dijelaskan oleh Ketut Asil selaku Kaur Pembangunan Kampung Banjar Dewa, bahwa pembangunan yang dilaksanakan setelah pencairan Dana Desa. Pembangunan yang dilaksanakan, merupakan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang sangat penting. Disamping itu juga, pembangunan ini adalah untuk menunjang kelancaran perekonomian warga, baik warga Kampung Banjar Dewa maupun warga dari Kabupaten Tulang Bawang Barat yang akan menjual hasil pertaniannya.

Setelah diselesaikannya pembangunan dan perbaikan ini, diharapkan semua aktivitas warga dapat berjalan dengan lancar. Meningkatkan perkonomian dan meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Kampung Banjar Dewa.

(Putu.S/Badew)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan