Penyuluhan Untuk Ibu-Ibu Hamil Di Kampung Banjar Dewa

Banjar Dewa-Tulang Bawang,21 Desember 2017 : Kehamilan merupakan anugrah dan idaman setiap orang yang telah bekerluarga, karena nantinya akan membawa kebahagian dalam berumah tangga. Kehamilan adalah saat ketika kebutuhan nutrisi dan gizi menjadi lebih tinggi, dan memenuhi kebutuhan tersebut memiliki efek positif pada kesehatan sang ibu dan bayi yang belum lahir. Dengan pemenuhan nutrisi dan gizi yang baik selama janin dalam kandungan, akan membawa dampak yang baik bagi bayi setelah lahir nanti.

Kegiatan penyuluhan untuk Ibu-ibu Hamil yang dilaksanakan, adalah kegiatan rutin dalam mensosialisaikan tentang pentingnya menjaga kesehatan janin dalam kandungan beserta ibu yang mengandung. Kegiatan ini perlu dilakukan, karena sangat bermanfaat bagi ibu-ibu hamil di Kampung Banjar Dewa. Pada kegiatan ini, ditekankan pada kecukupan gizi, nutrisi dan pencegahan risiko selama kehamilan. Kegiatan penyuluhan ini, dilaksanakan oleh Bidan Desa dan Kader posyandu Kampung Banjar Dewa. Dalam pelaksanaannya, Bidan Desa Ibu Suwarni dedi, Amd.Keb memberikan penjelasan tentang kebutuhan-kebutuhan nutrisi dan gizi apa yang baik untuk ibu hamil. Apa saja kebutuhan gizi, nutrisi dan apa manfaatnya untuk ibu hamil?, pertanyaan itu selalu muncul karena kita kurang faham tentang semua itu.

Kagiatan Penyuluhan Ibu Hamil Warga Kampung Banjar Dewa ( Dok: Putu.S/Photo Made Maryani )

Dijelaskan oleh Ibu Suwarni, nutrisi yang dibutuhkan yaitu :
– Karbohidrat dan lemak sebagi sumber tenaga, contohnya pada daging dan telur;
– Protein untuk membangun dan menganti jaringan, contohnya pada umbi- umbian;
– Mineral Sebagi zat pengtur, contohnya pada buah-buahan;
– Zat Besi agar terhindar dari Anemia, contohnya pada sayuran;
– Kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin , contohnya pada kacang-kacangan;
– Vitamin B Kompleks, D dan E untuk sistem saraf, pembentukan Tulang dan petumbuhan sel darah contohnya sayuran hijau dan susu;
– Asam Folat sebagai pertumbuhan sistem saraf, contonhnya brokoli.
selain Nutrisi, kebutuhan ibu hamil adalah gizi karena dengan gizi yang baik akan dapat menjalani kehamilan dengan aman.

Ibu Suwarni Dedi, Amd.Keb (Tengah) sedang memberikan penjelaskan tentang Nutrisi untuk Ibu Hamil.(Dok: Putu. S/Photo Made Maryani)

Kegiatan penyuluhan itu tidak hanya terbatas penjelasan tentang gizi dan nutrisi, akan tetapi juga memberikan vaksinasi kepada ibu hamil untuk mencegah resiko selama menjalani kehamilan. Pada kegiatan ini, dilakukan pembagian sayuran oleh kader posyandu kepada ibu-ibu hamil yang hadir dalam penyuluhan tersebut. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari ibu-ibu hamil Kampung Banjar Dewa, karena sangat bermanfaat bagi mereka semua.

Tampak salah satu Petugas Kesehatan memberikan suntikan Vaksinasi kepada Ibu Hamil ( Dok. Putu.S / Photo Made Maryani )

Setelah dilakukan penyuluhan tentang pentingnya Nutrisi dan Gizi pada ibu hamil, ibu hamil diharapkan lebih memahami tentang kebutuhan nutrisi yang sangat penting bagi kehamilannya.

(Putu. S / Tuba )

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan