Pendamping Desa ( PD ) Kecamatan Banjar Agung Kunjungi Kampung Banjar Dewa

Kunjungan Pendamping Desa Kecamatan Banjar Agung.

Banjar Dewa-Tulang Bawang, Selasa 19 Desember 2017 : Pendamping Desa ( PD ) kunjungi Kampung Banjar Dewa Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang, dalam rangka silahturahmi dengan Kepala Kampung Banjar Dewa yang baru. Kedatangan Rombongan yang berjumlah 4 orang itu, disambut langsung oleh Kepala Kampung Banjar Dewa Ibu Asri Susilowati. Kunjungan kali ini, Pendamping Desa menjelaskan tugas dan fungsi mereka di dalam Kampung.

Pada kesempatan itu, Kepala Kampung Banjar Dewa banyak meminta saran dan bimbingan kepada Pendamping Desa yang datang. tentang apa yang yang harus dikerjakan dan proses dalam menjalankan Pemerintahan Kampung. Karena merasa baru dalam lingkungna pemerintahan, Kepala Kampung tidak ragu untuk menyakan hal yang seperti itu. Saran dan Bimbingan dari Pendamping Desa sangat dibutuhkan dan sangat bermanfaat untuk Kampung Banjar Dewa.

Kepala Kampung Banjar Dewa Asri Susilowati sedang mendengarkan penjalasan salah satu Pendamping Desa (Dok: Putu. S)

Dalam pertemuan itu, Pendamping Desa memberikan pemahaman tentang tata pelaksanaan dalam pemerintahan Kampung. Dijelaskan pula, tentang pengelolaan dan pelaporan Keuangan Kampung. Pengelolaan BUMKam dan tentang tata cara penyusunan Anggaran Kampung tahun 2018 yang akan datang. Pada bahasan pengelolaan BUMKam, Pendamping Desa meberikan penjelasan potensi-potensi apa yang dapat memajukkan BUMKam itu sendiri. Bagaimana sistem dalam menjalankan BUMKam, agar nantinya usaha yang dijalankan tidak menemui hambatan dikemudian hari.

Pendamping Desa memberikan penjelasan tentang BUMKam ( Dok: Putu. S)

Sesuai dengan tugas dan fungsinya, mereka pun menjelaskan tata cara dalam pengelolaan keuangan Kampung. Dalam pengelolaan keuangan Kampung, Kampung harus mempunyai Rencana Kerja Pembangunan Jangka Menengah Kampung ( RPJMKam ). Yang mana dalam penyusunan RPJMKam harus melalui yang namanya musyawarah Kampung, yang nantinya menghasilkan suatu kesepakatan prioritas dalam membangun Kampung. Setelah Musyawarah Kampung dilakukan dengan hasil yang telah diputuskan, dilanjutkan pembuatan RKP ( Rencana Kerja Kampung ) dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung. jelas Pendamping Desa

Pendamping Desa sedang memberikan penjelasan kepada Kepala Kampung Banjar Dewa ( Dok: Putu. S )

Kepala Kampung Banjar Dewa, mengharapkan pertemuan seperti ini sering dilakukan untuk menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik. Agar kendala – kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Kampung Banjar Dewa, dapat di carikan solusinya.

( Putu. S / Tuba )

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan