Privat sore SiDeKa dengan Pak Dana Putra Yuda

Operator SiDeKa Kampung Banjar Dewa (Putu Suwidre) sedang belajar SiDeKa di RuCom untuk mengejar ketertinggalan materi. Dokumentasi Pribadi.

Kamis, 23 November 2017

Kampung Banjar Dewa adalah sebuah kampung yang terletak di Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung. Sideka pertama kali diperkenalkan oleh Penggiat Desa yang biasa kami panggil Mas Dana. Pertama kali perkenalan sideka diselenggarakan di RUCOM Networking.

Tampilan Sideka Desktop 2.8 setelah diinput datanya, Diambil Kamis 23 November 2017. Dokumentasi Putu Suwidre.

SIDEKA adalah Sistem Informasi Desa dan Kawasan yang dikembangkan oleh BP2DK.

SIDEKA sendiri mulai dikembangkan satu bulan setelah BP2DK berdiri, yaitu pada Desember 2014. Menariknya, SIDEKA dikembangkan secara gotong royong, persis sesuai dengan budaya yang hidup di perdesaan. Pengembangan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi dan pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah. Hingga Agustus 2015, SIDEKA sudah digunakan di 2.128 desa di 62 kabupaten di 26 provinsi di Indonesia.

Capaian ini terwujud berkat kesadaran dan keinginan desa untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Di tingkat desa sendiri, SIDEKA menjadi landasan bagi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Rencana Kegiatan Pemerintah Desa (RKPDes), dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes). Ke depannya, implementasi SIDEKA di tingkat desa mampu dimanfaatkan oleh pemerintah supra-desa, seperti: kabupaten, provinsi, dan pusat. Mereka bisa merujuk SIDEKA untuk membuat program dan keputusan terkait desa. Saat ini, BP2DK masih terus meningkatkan kualitas SIDEKA. Targetnya, pada 2019 kelak, SIDEKA mampu menjadi bagian dari data tunggal yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. (sumber: bp2dk.id)

Pada mulanya, operator sideka mengira bahwa sideka hanyalah aplikasi web kampung. Ternyata sideka ini fungsinya jauh lebih luas. Beberapa fitur yang ada di sideka diantaranya pembuatan surat-menyurat di kampung dengan dasar data kependudukan, ada juga siskeudes, prodeskel, pemetaan yang nantinya jika sudah terinput akan tampil di laman website desa.

Sideka membantu kampung kami (Banjar Dewa) untuk transparan. Masyarakat umum yang berkepentingan dengan informasi desa bisa mengakses melalui beberapa media seperti Facebook Desa, Website ini, atau melalui portal desa yaitu kabar.sideka.id.

Harapan saya selaku operator, Kampung menganggarkan untuk pertemuan rutin Forum SiDeKa Banjar Agung, agar kami lebih memahami, mengingat fiturnya banyak sekali dan perlu dievaluasi berkala agar hasilnya maksimal dan bermanfaat bagi masyarakat Kampung Banjar Dewa pada khususnya, Desa-desa se Indonesia pada umumnya.

kontibutor: Putu Suwidre

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan