Pecinta Burung Kicauan Di Kampung Banjar Dewa

Gambar : Pecinta Burung Kicauan Banjar Dewa. Dokumentasi Putu. S

Banjar Dewa-Kec. Banjar Agung : Pecinta ( Hobi )Burung Kicauan akhir-akhi ini sudah merambah diberbagai Kota bahkan sampai ke Kampung-Kampung salah satunya yaitu Kampung Banjar Dewa, karena hobi memelihara Burung Kontes ini sangat menggiurkan para pecintanya. Mengapa demikian, karena selain sebagai burung hias hanya sekedar hobi akan tetapi burung ini memang bisa juga untuk di perlombakan jenis burung ini pun banyak namanya ada Kacer,Lakbet,Kenari, dll.

Gambar 1 : Kegiatan Para Pecinta Burung Kicauan sebelum memulai grantangan. Dokumentasi Putu.S

Mengapa dikatakan Burung Kontes(Kicauan) karena Burung merupakan hewan yang paling cerewet,pelit suka pamer dan suka lapar. Karakteristik itu merupakan isyarat burung untuk memarahi, tidak terima punya mereka dirampas, mengatakan merekalah yang paling hebat dan memberitahu disaat mereka untuk makan, karena pita sura dalam tenggorokan mereka itulah mengeluarkan suara atau bunyi yang sering disebut orang sebagai kicauan (Sumber :burungilmukeduasaya.blogspot.com)

Pecinta Burung Kicauan di Kampung Banjar Dewa beberapa waktu ini cukup dikatakan sudah banyak, karena dapat menghipnotis beberapa warga Kampung Banjar Dewa yang memiliki hobi memelihara Burung itu dapat dilihat dari kegiatan setiap sore yang mereka lakukan yaitu mereka berkumpul bersama untuk berbagi saran untuk merawat Burung Kicauan tersebut. Selain itu juga mereka melakukan latihan bersama yaitu yang sering mereka sebut sebagai Grantangan. Grantangan itu sendiri untuk melihat kreatifitas burung tersebut salah satunya adalah kicauan Burung tersebut. karena Kicauan burung ini mempunyai beberapa istilah salah satunya roll, dimana burung dapat berkicau sangat lama jika kicauannya sudah indah dan merdu nantinya dapat diikutkan dalam perlombaan.

Gambar 2 : Sharing Para Pecinta Burung Kicauan Setelah Selesai Grantangan. Dukomentaasi Putu. S

Menurut salah satu pecinta Burung Kicauan di Kampung Banjar Dewa Yaitu Pak Rya mengatakan” Kami hobi memelihara Burung Kicauan ini, karena untuk perlombaan atau kontes. dalam hal perawatan burung kicauan ini harus ekstra setiap pagi harus dimandikan setelah itu dikeringkan atau di jemur sebentar,makannya pun harus berkualitas yang nantinya berdampak pada hasil kicauannya, harus dilatih setiap hari dengan cara grantangan”, Lanjut Pak Rya.

Burung kicauan ini sering di perlombakan antar pecintanya, perlombaan yang dilaksanakan biasanya dimulai dari tingkat antar pecinta di Kampung-Kampung sampai ditingkat antar pecinta di Kota. Karena selain hadiah yang menggiurkan bagi Burung yang juara, Burung mereka pun mendapatkan piagam penghargaan yang dapat meningkatkan nilai jual Burung mereka tersebut.

Para Pecinta Burung Kicauan di Kampung Banjar Dewa berharap Kampung Banjar Dewa dapat dijadikan tempat untuk perlombaan Burung Kicauan ini untuk menampung dan menyalurkan hobi para pecinta Burung Kicauan tersebut, selain itu juga untuk menjalin silahturahmi antar pecinta Burung Kicauan di Kabupaten Tulang Bawang Khususnya dan Provinsi Lampung Pada umumnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan